Asal-usul Kota Sleman

Masih menyimpan berbagai pertanyaan mengapa dinamakan Sleman. Ada yang bilang, dulu katanya daerah itu dihuni orang-orang yang pekerjaannya penghasil banyak selai, sehingga nama Sleman diambil dari SELAI MAN alias manusia penghasil selai. Ternyata itu ngapusi besar, mengingat dari dulu sampai sekarang orang-orang Sleman tidak banyak tahu apa-apa tentang selai.

Berdasarkan penelusuran dan penelitian yang tidak ada, sebenarnya nama Sleman muncul dari sebuah keputusasaan saat Indonesia dalam pendudukan Inggris. Daerah yang memiliki potensi yang beragam dan luar biasa itu membingungkan orang-orang Inggris untuk memberi identitas berdasarkan khasanah budaya yang berkembang di daerah itu.

Karena putus asa dan stress memikirkan nama yang cocok untuk daerah itu, maka di dalam peta orang Inggris menandai daerah itu dengan sebutan ”Nameless” alias tidak bernama. Eh, dasar orang Jawa, sukanya neko-neko, saat itu ada seorang Copywriter (nggak masuk akal banget ya?) yang membalik tulisan nameless menjadi sseleman. Dan untuk memudahkan ilat Jowo nama sseleman berubah menjadi Sleman.

Tak ada yang tahu siapa Copywriter itu, dan tak ada yang tahu sejarahnya tiba-tiba dia mengenalkan sosok dirinya sebagai seorang Copywriter, jaman dulu Indonesia mana tahu tentang Copywriter? Tapi berdasarkan isu, orang itu kisinan banget atas apa yang dilakukannya dan melarikan diri dengan membonceng Inggris ke Eropa. Di sana dia memperkenalkan Copywriting kepada Marcel Bleustein-Banchet, lalu saat dia sudah sangat tua dia memberikan ilmunya kepada David Ogilvy saat bertemu di dapur Hotel Majestic lalu sekejap meninggal dunia. Tak ada yang mengenangnya, baik insan periklanan dunia maupun orang-orang Sleman, cerita ini juga diragukan kebenarannya. Eh bukan diragukan ding, tapi memang tidak ada. Wallahu a’lam…….

About these ads

Tags:

16 Responses to “Asal-usul Kota Sleman”

  1. uuNd Says:

    .haduh ..
    .is serius” tag baca e ..
    .wad tugas seNi buDaya ..
    .eee mLah sembrOno ..
    .huu ..
    .tpi thangks La ..
    .uda cKup meNghibur ..
    [^^,]

  2. Robby Legianto Says:

    Lho …

  3. walah Says:

    sleman dari kata Sulaiman alias dulu Nabi Sulaiman pernah kesitu,
    Ratu Boko itu Ratu Balqis
    percaya kagak.. terserah

    • husnimuarif Says:

      hehe… bener kok dari kata Sulaiman… soalnya aku pernah lewat sebuah sekolah (kalo gak salah) di gentengnya ada tulisan gede SULAIMAN. Klo ini mah just kidding hehe… Eh btw aku baru tau klo Ratu Boko itu Ratu Balqis… sejarah memang menarik untuk diulas, tapi jangan yg ngawur kayak artikelku ini…

      • alfaqir99 Says:

        Periode 1916-1945

        Secara administratif, keberadaan Kabupaten Sleman dapat dilacak pada Rijksblad no. 11 tahun 1916 yang membagi wilayah Kasultanan Yogyakarta (Mataram) dalam 3 Kabupaten, yakni Kalasan, Bantul, dan Sulaiman (yang kemudian disebut Sleman),

  4. achsya165 Says:

    Menurut sementara penelitian yang dilakukan oleh KH Fahmi Basya (coba rekan2 search lebih dalam lagi riset beliau), di daerah itu lah dulu pusat kekuasaan dan peradaban dunia pada masa itu. Seperti negeri Saba itu adalah Wana saba (wana/wono: hutan saba/sobo: Saba` lidah jawa mengucapkan dengan wonosobo). Buah yang pahit ada disebutkan dalam alquran (saat mengisahkan dirubahnya suatu negeri //Negeri Saba`//yang dulunya makmur tapi jadi hancur sampai ada taman yang buah2annya ada dua macam rasa manis dan pahit), buah maja rasanya pahit sehingga muncul nama Majapahit (kalau bukan suatu nama yang legendaris, kenapa kerajaan yang begitu hebat menamakan diri dengan nama yang tidak enak didengar?). Ratu Boko juga demikian, dia diprediksi dalam riset itu sebagai Ratu Bilqis (dan peninggalan atau sisa2 singga sananya masih ada sampai sekarang tapi orang belum begitu yakin mempercayainya. Coba lihat dan kaji juga dalam alquran yang mengisahkan ttg Saba`). Itulah sebahagian kecil ayat atau tanda2 bahwa dulu pusat peradaban yang hebat itu ada di sekitar pulau jawa. Termasuk relief2 yang ada di Candi Borobudur, banyak mengisahkan kekuasaan Sulaiman. Sejarah itu pasti saling terkait karena kehidupan ini pasti selalu terkait, satu wilayah dengan yang lainnya, masa satu dengan masa2 sebelumnya dan masa2 berikutnya. Banyak terdapat ayat atau tanda2 peninggalan ttg kekuasaan negeri Sulaiman dan kebudayaannya (kalau peradabannya kita belum tahu) di negeri kita dibanding di negeri Yaman yang katanya kekuasaan Sulaiman itu dulu ada di sana. Negeri yang ditenggelamkan itu juga tentang kerajaan Sulaiman, kenapa tenggelam atau ditenggelamkan?. Ini suatu indikasi yang sesuai dg permintaan Sulaiman kepada Tuhan ‘Tuahn berilah saya kekuasaan kerajaan yang tidak pantas untuk orang setelah saya’. artinya kerajaan Sulaiman itu harus dihilangkan setelah Sulaiman tidak ada sehingga tidak ada yang mewarisinya. Kalau ada yang mewarisinya berarti kekuasaan sulaiman yg begitu hebat itu akan ada di generasi setelahnya padahal Sulaiman mintanya agar tidak ada orang yang pantas memilikinya setelahnya, maka dilenyapkanlah negeri atlantis itu.

    • husnimuarif Says:

      Waw, mungkin inilah penulusuran sejarah yg tidak ngasal kayak artikel yg ogut tulis ini. Terimakasih atas kontribusinya Mas, (eh Mas atau Mbak nih?)

  5. sin Says:

    kalok katanya sih dulu di daerah situ banyak gajah ( bahasa jawanya liman ) jadi trus namanya slman deh #katanya lho :O

  6. 2010 in review « No Time for Nggombal Says:

    [...] Asal-usul Kota Sleman July 2009 7 comments 5 [...]

  7. efendi Says:

    temuan apapun yg diungkap tentunya harus berdasarkan pada pijakan yg benar yg tidak saja didasarkan pada kemampuan berfikir manusia tapi juga adanya kuasa Tuhan…

    • husnimuarif Says:

      betul sekali itu mas. tapi ini kan konteksnya cuman bercanda :) serius amat sih (aduh)

  8. alfaqir99 Says:

    بســــــــــم اللـــــــــــــه الرحمــــــــــــن الرحيــــــــــــــم

    الحمد لله رب العالمين ، و الصلاة و السلام على سيد الأولين و الآخرين سيدنا محمد و على آله و صحبه و تابعيه إلى يوم الدين

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Asal usul kabupaten Sleman yaitu tempat dimana Sayyid Sulaiman Mojo Agung bin Abdulwahhab Basyaiban berdakwah di wilayah Mataram. keturunan Sayyid Sulaiman ada yang menjadi Petinggi Kraton Yogyakarta yaitu Abdullah bin Ahmad Basyaiban (bergelar Temenggung Alap-alap Kartadipura,menantu Sri Sultan HB II yang kelak mendapat pengarahan dari Pangeran Diponegoro), ada yang menjadi Wedana Jakso dari keturunan Hasyim bin Ahmad Basyaiban (bergelar Raden Temenggung Wongsodirjo I yang makamnya di Gambir Sawit Umbulharjo Yogyakarta).sekian dari alfaqir ila llah

    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  9. alfaqir99 Says:

    NB:
    Selamat Hari Jadi Ke 95 Kabupaten Sleman

    http://www.slemankab.go.id/

  10. sam Says:

    jogja adalah kota pendidikan, jangan menulis opini tanpa dasar yang jelas…maaf.. ojo ming waton koyo wong …….

  11. baka Says:

    nek asak kata Sleman dari kata sulaiman ya mungkin, kan orang jawa biasa nyingkat kata… contoh ora duwi duwit menjadi ra de dhit, nyambut gae jadi mbut ge…..he heh he…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: