Sponge Bob ende inspiration (Part 2)

Kini Sponge Bob berulang tahun yang kesepuluh, dengan tema THINK HAPPY Year of the Sponge. Saat ada BEYOND BIKINI BOTTOM Calling for Entries for the ‘Happiest’ Design Competition aku tak bisa melewatkannya, aku harus ikut apapun yang terjadi. Dan terjadilah, aku dilanda dengan berbagai kesibukan pekerjaan kantor, hingga aku nggak sempat memikirkan ide yang tepat untuk Sponge Bob. Bahkan aku sudah membeli komiknya untuk mempelajari dan mengeksekusi bentuk karakter Sponge Bob dan lainnya. Namun mencari ide saja nggak sempat, apalagi mengeksekusinya, hingga akhirnya aku nggak bisa memenuhi deadline pengiriman karya yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

Tiba-tiba saja ada kabar menggembirakan, entry diundur sampai tanggal 15. Aku kembali bersemangat, namun lagi-lagi kok bisa-bisanya pekerjaan kantor menjadi halangan terbesar. Dan aku hanya punya waktu sehari untuk membuatnya yaitu hari Sabtu tanggal 13. Dalam waktu yang sempit itu aku harus memberdayakan seluruh hemisphere yang ada di kepala. Ayolah… apa hubungannya Sponge Bob dengan Think Happy? Tiba-tiba saja aku mendapatkan benang merah dari warna kuning Sponge Bob yang sama dengan warna kuning simbol ”Smiley Face” yang dibuat Harvey Ball pada tahun 1963 untuk State Mutual Life Assurance.

Seperti halnya Singgih S. Kartono (lihat Sponge Bob ende Inspirastion part1) Ball benar-benar tahu caranya membagi senyuman dan kebahagiaan saat dengan mendirikan perusahaan World Smile dan keuntungan dari penjualan lisensi disumbangkan untuk membiayai yayasan amal World Smile Foundation. Ball juga benar-benar menikmati saat dia bereksperimen. Hal itu terbukti dengan tidak dipatenkannya hak cipta untuk Smiley Face, karena Ball menikmati saat-saat simbol berwarna kuning tersebut digunakan oleh 100 lebih negara dan 25 jenis produk barang dan jasa.

Selanjutnya ide itu mengalir begitu saja, ide berawal dari mata Sponge Bob yang saat tertutup akan berbentuk bulat kuning seperti simbol ”Smiley Face” cuman tinggal titik matanya saja. Kemudian aku kembangkan dengan beberapa karakter dari Squidward dan kekonyolan Patrick Star. Setelah selesai men-sket dan mengubahnya dalam bentuk digital, dan tibalah saatnya coloring, lagi-lagi ada kendala, internet di kantor belum dibayar, sehingga aku tidak bisa browse image Sponge Bob untuk color guidance. Terpaksa aku pergi ke warnet, dan perkiraan pukul 15.00 aku bisa mengirim lewat pos pupus sudah, karena aku baru mulai coloring sehabis maghrib. Malam itu mau tidak mau aku harus selesai sampai print out-nya, sehingga aku tak sempat membuat tekstur tembok rumah Squidward. Akhirnya aku ambil tekstur dari COREL dan melengkapinya dengan foto pigura Harvey Ball. Dan untuk title-nya aku ambil dari presentsasi Stefan Sagmeister pada tahun 2004 mengenai sebuah hubungan antara ”design” dan ”happines” dimana kita harus merasa senang, gembira, bahagia, dan menikmati saat bereksperimen dengan design: BEING HAPPY DESIGNING

Saat mau ngeprint, masalah ada pada transportasi, aku tak mungkin bersepeda dari Godean ke kota. Meskipun bisa, tapi tak mungkin dengan stamina tubuhku saat itu. Untungnya saja, pak kos pulang ke Solo dan meminjamkan sepeda motornya sampai hari Minggu. Malam itu langsung ngeprint di Neo Karangmalang, dan esoknya aku mockup. Sialnya lagi, Minggu Express tutup, dan ketika aku mau ngirim lewat pos kilat, ternyata sampai tujuannya hari Rabu tanggal 17, padahal harus sampai Senin tanggal 15. Mau lewat travel, yang benar saja, uangku sudah terkuras habis.

Akhirnya mbak yang di pos kilat menyarankanku untuk sebaiknya lewat Express saja besok Senin pagi, karena sampainya bisa Selasa. Dengan sangat terpaksa aku harus mengirimnya dari Jogja tanggal 15, meskipun seharusnya sampai di Jakarta tanggal 15. Minggu itu aku pulang dari kantor pos dengan lemas sambil membawa poster.

*Aku pulang lewat rute yang aman dari razia, hingga sampai perempatan tugu aku melihat sepeda motor yang pernah aku tempelin batsign pada bagian pegangan belakang. Aku memakai helm tertutup, pengendaranya (yang sudah bapak-bapak) tak menyadari bahwa aku sedang memperhatikan pegangan belakang motor itu. Dan aku meyakini bahwa batsign itu masih tertempel dengan baik pada pegangan itu sejak 2006. Setidaknya itu membuatku sedikit bersemangat (meskipun pada kelanjutannya tidak)* –bagian ini adalah sebuah tulisan rahasia yang hanya dipahami penulis, bagi pembaca yang tidak memahaminya sebaiknya dilewati saja dan tak perlu mengulasnya dengan serius-

Senin pagi aku mengirim poster ke Pos Express dan disambut oleh pegawai favoritku yang bening banget (namanya kalau tidak salah Wiwid) dia bertanya ”Ini isinya apa?” sebelum aku sempat menjawab, dia langsung memotong ”Gambar ya?” Aku mengangguk dan tersenyum karena dia bisa menebak apa yang ada di dalam amplop besar coklat. Saat dia mengetik, aku memandang wajahnya yang cantik dan mengaguminya sampai muak (dengan waktu yang sangat terbatas), dan saat dia memandangku aku alihkan perhatianku hehe… low profile…

Dua hari setelah itu, ada email masuk dari CONCEPT yang memberikan ucapan terima kasih atas partisipasinya mengikuti BEYOND BIKINI BOTTOM design competition. Seperti pengalaman sebelumnya, aku menganggap itu sebagai: bahwa aku kalah, namun bukan itu sebenarnya. Aku menanggapinya dengan ucapan AlhamduliLLAH akhirnya designku sampai dan diterima. Karena tujuanku mengikuti kompetisi ini hanyalah karena Sponge Bob adalah salah satu inspirasiku, dan aku pernah berhutang padanya. Aku juga tidak memperdulikan pengumumannya kapan, karena yang terpenting adalah partisipasiku sebagai penggemar beratnya. Aku juga tidak tahu hadiahnya apa, katanya sih Macbook 13” tapi aku tidak peduli. Dan seumpama Macbook 13” itu ternyata jatuh ke aku… AAARGH!!! AKU MEMANG MENGINGINKAN MACBOOK ITU…!!!!!

being_happy_designing

Tags: ,

Leave a Reply

