-mu

Sebuah kertas yang diremas-remas terlempar ke arahku. Saat dibuka ada tulisannya ”AKU PADAMU” Aku sendiri (yang saat itu lugu banget) tak tahu artinya, tapi yang jelas ini kertas harus dibales. Karena nggak tau apa artinya, aku tulis aja ”PADAMU NEGRI AKU BERJANJI” (Goblog banget yo?)  Tak lama kemudian aku baru tau kalau padamu artinya cinta padamu, makanya dianya kok bingung hehe…

Lupakan, itu masa-masa awal masuk SMA, tapi yang jadi permasalahan, kok bisa ya? Kata pada + mu bisa menjadi cinta padamu?

Dalam bahasa Jawa ada beberapa bagian organ luar tubuh yang bisa menjadi kasar bila ditambah –mu diantaranya adalah: matamu, cangkemmu, dengkulmu, rupamu (raimu), lambemu (termasuk congormu), untumu (jarang kepake’) dan juga ndasmu (termasuk gundulmu). Untuk bagian organ dalam, yang aku tahu cuman: utekmu sama ususmu. Ada lagi yang melibatkan kerabat tertua bila dikasih –mu juga menjadi kasar, yaitu: mbahmu. Nggak cuman itu aja biasanya mbahmu ditambahin embel-embel seperti: mbahmu salto, mbahmu koprol, mbahmu kornol(corner) mbahmu gaban, mbahmu metalica, mbahmu sepultura, dlsb. Sementara itu suatu tempat yang biasa untuk masak bisa menjadi kasar bila ditambah –mu, yaitu: dapurmu! (Emang dapur punya salah apa ya?) dan yang ada di dapur juga ikutan, yaitu: ndogmu (entah ini ndog telur apa ndog yang lain)

Kalau di Jepara (di keluargaku khususnya, nggak tau keluarga yang lain ada apa nggak) ada yang lebih aneh lagi, bila seorang sedang jengkel dengan apa yang dilakukan orang lain maka akan marah dan bilang: bangsamu! Kata itu hampir-hampir mirip maksudnya dengan kata dapurmu! Aku sendiri yang sudah terbiasa dengan kata itu kok nggak nyadar dari mana asalnya kok bisa-bisanya bangsa ikut terlibat dalam kata kasar. Suatu hari pernah ibu saya merasa jengkel dengan apa yang aku perbuat, dan langsung aja marah berucap: ”Bangsamu opo?!!

Terus aku langsung njawab: ”Bangsa Indonesia..!!!” (hehe….)

Tags: ,

One Response to “-mu”

  1. yankee Says:

    wak wak wak…
    ngakak saya baca tulisan ini mas..
    keep posting ya..

Leave a Reply

