Terulang kembali (Ada apa dengan Quit Tobacco?)

Sial, ternyata firasat buruk itu benar. Malam Jum’at itu aku sedang di Jakarta, tiba-tiba ada sms masuk dari Bima yang saat itu sedang membantu anak-anak kreatif membikin buku Pinasthika: Bawana yang lolos cuman fitness. Aku langsung kaget, loh iklan TVC ILM Quick Tobacco nggak masuk? Jangan-jangan ada yang nggak beres dengan entry yang masuk kayak Pinasthika tahun kemaren? Malam itu aku mencoba untuk berpikir positif, mungkin penjuriannya benar-benar mengerikan. Tapi masak sih iklan TV ILM itu terlewatkan saja oleh juri? Karena tak ada orang yang mengatakan jelek saat melihat iklan Quit Tobacco!

Yang paling menyedihkan adalah iklan-iklan scam yang masih dipertanyakan penayangannya ada di entry, baik finalis maupun non finalis. Sedangkan iklan Quit Tobacco bukanlah scam ad, penayangannya benar-benar ada pada tanggal 31 Mei di Jogja TV untuk hari anti tembakau sedunia. Tapi ini di non finalis aja nggak ada, apalagi di finalis!

Tahun lalu iklan itu diikutkan ke Pinasthika, aku kaget saat BAJIGUR mendesain buku Pinasthika, Iklan TV itu tidak masuk finalis. Sampai aku cek di seluruh list karya yang masuk (termasuk karya yang melanggar EPI) dan akhirnya ketahuan bahwa iklan Quit Tobacco ternyata tidak ada. Iklan itu hilang entah ke mana! Berarti ada human error! Aw, aku benci pendaftaran online! Dan saat aku buktikan kepada panitia waktu meet the jury, mereka mengacuhkannya, karena malamnya sudah awarding night. Sampai-sampai aku mencoba untuk memperlihatkan iklan itu pada juri, untuk mengetahui apakah benar iklan itu terlewatkan, tapi tetap saja tidak bisa.

Pada malam awarding aku sendiri yang terduduk lemas meyaksikan gegap gempita-nya Pinasthika. Tapi yang membuatku agak mendingan adalah, karena malam itu Petakumpet menjadi Best Agency Baskara dan Design Grafis. Jadi pikirku, persiapkan saja iklan Quit Tobacco untuk tahun depan, jangan sampai iklan itu nggak terjamah juri.

Dan sekarang Pinasthika 2009, peristiwa itu terulang lagi. Awalnya aku mau mendaftarkan pada early bird, namun CD-ku menyarankan agar didaftarkan sama-sama saja dengan karya yang lain. Akhirnya aku manut saja saat aku mau mendaftarkannya, ntar dikiranya aku ini sok lagi. Saat tahap mock-up untuk dikirim ke PPPI aku selalu memantau dan memastikan bahwa iklan Quick Tobacco ada dalam file. Malam itu aku selesai membuat recording JOGJADOGDAY4 dan menyerahkan bukti penayangan iklan Quit Tobacco. Anak-anak kreatif masih sibuk dengan mock-upnya, tapi aku harus pulang, karena kecapekan menerjemahkan konsep Mix Media Jogjadogday4 ke dalam Bahasa Inggris sekalian dengan take voice. Paginya karya dikirim, aku sms untuk memastikan apakah Iklan Quick Tobacco benar-benar beres, tapi tak ada balasan.

Saat acara Pinasthika be the legend berlangsung, firasatku semakin buruk. Sabtu pagi aku diajak untuk ikutan seminar, tapi aku sedang capek, mau istirahat untuk acara awarding night saja. Aku hanya berpesan tolong dicek daftar entry iklan, apakah Quit Tobacco masuk. Malamnya saat mau berangkat awarding night sama-sama dari kantor, Emir bilang: ”Sudah tak cek semua mas, tidak ada!” Aku lantas menanyakan lagi ”Iklan TV Jogjadogday ada?” ”Ada semua, kecuali iklan itu” Aaaaargh!!! Peristiwa itu terulang lagi!!! Malam itu, di mobil aku hanya bisa lemas meskipun ada choki-choki.

Apa salah iklan Quit Tobacco? Apa ada yang sentimen banget sama iklan ini? Apa ada persekongkolan?

Hingga akhirnya, malam itu Petakumpet hanya menjadi the best agency kategori Desian Grafis saja, karena memang hanya mengirim entry di kategori Bawana dan Design Grafis saja, Baskara tidak. Sedang di Bawana, hanya dapet Silver untuk iklan poster ”your body your face” AlhamduliLLAH sih… Tapi yang jelas sampai sekarang iklan TV ILM Quit Tobacco masih menjadi misteri terbesar bagiku.

Ya…ya… resistance is futile…. sama seperti apa yang dikatakan Kyle Rayner pada JLA.

277511-86640-kyle-rayner_super

Tags: ,

4 Responses to “Terulang kembali (Ada apa dengan Quit Tobacco?)”

  1. bimalizer Says:

    Aku juga curiga neeh..padahal udah tak cek di DVD iklan itu ada. Dan pastinya ini bukan masalah bukti tayang. karena iklan TVC JDD 4 juga tidak disertakan bukti tayang.
    Meski demikian mas husni jangan mencari misteri ini lewat dukun ya. Eman-eman akidahe..
    Kita serahkan saja pada yang Maha Mengetahui..
    Yang penting iklan itu udah tayang dan semoga bisa berpengaruh pada Rakyat Indonesia..Barakallohu fi kum..doain aku juga bisa berhenti merokok…

  2. 2010 in review « No Time for Nggombal Says:

    […] Terulang kembali (Ada apa dengan Quit Tobacco?) August 2009 1 comment 4 […]

  3. Prabowo Says:

    Halo mas Husny! Salam kenal…

    Sampeyan ki penggemar komik tenan yo… Sampai tau kalo ada Green Lantern yang namanya Kyle Rayner. Padahal kan de’e dudu kelas A; nggak sepopuler Hal Jordan. Yen gak komik nerd, koyone gak bakal weruh Kyle Rayner😀

Leave a Reply

