dipermainkan komputer, malah jadi iklan, dapet silver

fitness_01

Iklan ”your body your face” di atas adalah satu-satunya iklan entry dari petakumpet yang masuk finalis kategori Bawana dan mendapat Silver di pinasthika. Sebenarnya ada tiga seri, cuman seri dari depan saja yang masuk finalis. Justru seri yang dari samping yang merupakan asal usul iklan itu tercipta, malah nggak masuk finalis.

fitness_02

Iklan ini tercipta karena aku (anggap saja) dipermainkan komputer melalui tampilan visualnya. Ceritanya begini….

Aku adalah penyuka karakter-karakter Marvel Comics, karena tiap karakter mempunyai permasalahan yang biasa kita alami sehari-hari. Misalnya Peter Parker, punya masalah dengan ekonomi, pekerjaan, bibinya dan tentu saja wanita. Kalau di Fantastic Four ada Suzan Storm diantara Richard dan Namor, Ben dengan Johnny. Pokoknya setiap karakter memiliki kepribadian sendiri-sendiri, tak heran karakter Marvel banyak digunakan untuk psikotes.

Saat itu aku merasa diriku seperti Punisher dengan segala permasalahannya. Jadi aku serach dan kumpulin aja image-imagenya dari Google, agar pas ngeliat, aku bisa Punisher banget lah…hehe… Selesai download ada sebuah image Punisher yang kayaknya 3D (lihat gambar yang dilingkar merah di bawah)

mark

mark_2

mark_03

======

Setelah aku klik hasilnya malah seperti ini

…………………..

punisher2

Sudah berkali-kali aku mencoba membuka gambar itu lewat berbagai program; photosop, corel, paint, windows picture, semua memperlihatkan gambar itu, dan bukan gambar 3D yang aku dapatkan. Gilak! Sebal! aku sedang dipermainkan komputer! Tapi aku tidak menyerah, aku lihat gambar itu lagi lewat MAGIC viewer, ACDsee dan sebagainya, hingga akhirnya aku hampir menyerah. Iseng-iseng aku mencoba mengimport image itu dari Corel, tetep saja tidak bisa! Sialan! Karena jengkel, akhirnya gambar itu aku pelototin aja terus-terusan di Corel (Usaha terakhir yang sangat wagu) Tiba-tiba, hey! wajahnya…..

where_come_from

Begitulah kira-kira asal usul iklan ini tercipta, wagu banget yah? Tapi pelajaran yang bisa didapat dari sini adalah, bahwa ide kreatif dari sebuah iklan itu datangnya bisa dari mana saja dan kapan saja. Bisa disaat kau sedang sebel, sedang dikejar deadline, bahkan saat sedang tidak mikirin apa-apa sama sekali! Intinya semua yang ada di sekitar kita bisa dibikin iklan keren, asalkan kita peka.

Ngomong-ngomong kamu kan copywriter? kok berani-beraninya bikin iklan yang art-base banget?

Ohya, satu lagi, semua orang itu bisa bikin iklan. Jadi nggak peduli apakah kamu itu ob, pns, tukang becak, tunanetra, dll. Emangnya aku nyari copy dari mana? Aku bisa dapetin copy keren dari lirik lagu, status message seseorang di YM! obrolan tukang becak di angkringan yang sok tahu tentang politik, bahkan dari omongan anak kecil yang nggak tau apa-apa!

Tags:

One Response to “dipermainkan komputer, malah jadi iklan, dapet silver”

  1. Joni Balbo Says:

    keren keren..

    pertama aku ndelok, kui gambar opo…?
    jebulnya.. hehe… seeplah! kreatif bgt!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: