Asal-usul nama batik

Perhatian: Sebelum baca artikel ini, mohon jangan pernah percaya 100%, apalagi diambil untuk bahan tesis.

Pada jaman dahulu, kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia banyak sekali orang-orang yang pandai membuat motif-motif indah untuk menghias prasasti atau sekedar memperindah surat kerajaan yang ditulis di daun lontar . Seiring dengan peradaban yang semakin maju, banyak sekali mpu-mpu yang mulai menulis kitab berisi bukti catatan sejarah kerajaan atau kitab-kitab tentang cerita Mahabarata dll di atas kertas. Tentu saja kitab itu biar indah, dihiasi dengan motif-motif.

Karena sampai seringnya membuat motif ilustrasi untuk hiasan kitab, ada seorang seniman yang juga ahli dalam copywriting (jaman dahulu ada copywriter?) mencoba untuk membuat motif di atas kain. Ternyata memang bisa. Bila kain itu dipakaikan ke orang akan menjadi tampak indah, sehingga akhirnya kain itu dijadikan sebagai pakaian. Nah, untuk membedakan biar nggak salah antara motif yang dibuat di atas kertas dengan di atas kain, maka dicarilah sebuah nama.

Karena seniman itu (yang nggak mau disebut namanya, apalagi mau bikin facebook) memiliki basic copywriting maka berpikirlah dia. Dan dia nggak mau susah-susah mencari nama itu. Kira-kira cara berpikir logisnya seperti ini: kalau motif di atas kertas biasanya untuk kitab, maka kalo motif di atas kain sebaiknya diambil dari nama kitab lalu dibalik saja. Sehingga KITAB dibalik menjadi BATIK dan nama itu bertahan sampai sekarang.

Begitulah kira-kira cerita yang ngasal dan tidak mempunyai makna maupun cita-cita sama sekali ini.

Tapi cobalah kalau kalian ke Malaysia, tanyalah sama orang-orang sana, pasti tidak tahu. Itulah mengapa batik memang bukan berasal dari Malaysia. Sumprit!

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: