Jadilah Rinsowati

Aku nggak tahu nama Rinso itu asalnya dari mana. Kalau So Klin kan jelas dari bahasa Inggris so clean, kalau Rinso?

Dan setelah aku melihat stiker promosi Rinso jadul yang masih kusimpan, aku jadi berpikir apakah Rinso itu berasal dari nama seseorang yang suka sekali nyuci pakaian? Sehingga saat itu iklannya mengajak para ibu-ibu untuk menjadi Rinsowati.

stiker Rinso jaman dulu

stiker Rinso jaman dulu

ini juga

ini juga

Hanya dengan menambahkan kata ‘Wati’ saja pada Rinso, jadilah kalau Rinso itu targetnya untuk perempuan. Padahal ‘Wati’ dalam ilmu Fiqih artinya hubungan seksual, tapi sekarang banyak digunakan untuk menamai anak perempuan. Sekalipun nama depannya kedengeran kayak nama cowok, tapi kalo dikasih embel-embel wati pasti jadinya cewek. Dan keniscayaan itu sering dipakai di acara Extravaganza dalam memberi nama wanita sedangkan yang memerankannya adalah pria, sebut saja: Amingwati, Sogiwati, dll.

Tapi promosi Rinsowati tersebut kayaknya tidak bertahan lama, karena Rinso memutuskan memakai Brand Ambassador Kris Biantoro. Setelah itu, malahan Kris Biantoro yang image-nya melekat begitu kuat di benak konsumen. Ketika melihat Kris Biantoro, pastilah ibu-ibu ingat Rinso. Tampaknya strategi promosinya dengan menggandeng Kris Biantoro berhasil (Andai saja KR BISNIS juga bisa kayak gini, huhu…..)

pak_koes

Perasaan aku juga punya teman yang kayaknya namanya terdiri dari nama laki-laki lalu ditambahi wati jadinya perempuan. Atau mungkin dulu orang tuanya kepingin punya anak laki-laki tapi yang keluar malah perempuan ya?

Wallahu a’lam, yang penting cantik hehe….

Tags: ,

4 Responses to “Jadilah Rinsowati”

  1. oza Says:

    salam kenal, brader. baru baca2 blog ente nih, menarik juga isinya. btw, menurut perkiraan gw rinso itu berasal dari kata “rinse” (ing.) yang artinya membilas / mencuci. supaya pengucapannya mudah di lidah orang indonesia, dijadiin rinso deh.

    • husnimuarif Says:

      wah thx atas informasinya…

      aduh, jadi nggak enak nih, blog-ku kutinggalin lama…. maklum padet bgt kerjaannya…

  2. Agung Cahyadi Says:

    Ada info lebih kah tentang program ini? apakah berhasil dan gimana kelanjutannya ya.. karena menarik juga nih Rinso bikin suatu brand community😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: