Hoax harusnya mbok ya yang positif

Sebenarnya aku baru paham apa itu hoax, tak lama setelah melihat kasus hoax sosronya Hariadhi yang mengguncang Creative Circle Indonesia. Dampaknya begitu luar biasa, membuat sontak orang-orang yang ada di dunia maya lalu bisa merembet, menular ke lainnya di luar pengguna dunia maya. Impact hoax menjadi semakin parah jika tidak dikemas dengan cerdas. Bahkan bila membaca blog-nya fahroni arifin (ternyata dulu pernah di petakumpet toh?) di http://fahroniarifin.com/rona-dan-daun-muda.htm sungguh ironi. Meskipun itu hanya untuk ajang Daun Muda Award tetap saja hoax tersebut sangat menipu dan mencelakai.

Dan bicara soal hoax, ternyata aku baru sadar kalau sebenarnya aku pernah bikin hoax (cuman dulu nggak tau apa namanya) Kalau nggak salah pada bulan November 2007, yaitu waktu pertama kalinya aku mengenal ym! dan facebook (meski akhirnya nggak jadi bikin fb hingga sekarang) aku pernah menyebar pesan ini lewat ym! ke teman-teman desainer yang kebetulan saat itu masih menggunkana Corel X3.

asli&palsu

Reaksinya begitu luar biasa, karena semuanya mengakui bahwa tak ada satupun dari mereka yang memakai software asli. Mereka lalu panik dan menanyakan manakah petunjuk dari software yang asli (dan tidak kujawab hehe…). Banyak yang mengatakan kayak gini ”Wah aku pas buka Corel tampilan pertama tangannya terbalik tuh? Software-nya palsu ya? Iya deh aku ngaku, selama ini aku pake bajakan…” ada juga yang panik ”Waduh, bakal ada razia yah?…”

Kalau melihat perbandingan antara gambar yang atas (tangan terbalik) dengan yang bawah, semuanya pasti menilai bahwa yang bawahlah yang asli, karena tangannya tidak terbalik. Padahal yang bawah adalah sebuah manipulasi yang aku bikin dari aslinya hehe…

Tapi paling tidak aku sudah memberi ancaman yang berdampak positif bagi mereka, yaitu agar tidak memakai software bajakan (meskipun aku sendiri juga make’nya masih bajakan huuuu…) Bahkan ada yang meminta dibuat seri photoshop dan software yang lain dan dibuat serius.

Memang kalau dirunut dari latar belakangnya, awalnya aku membuat pesan tersebut adalah karena banyak desain-desain dari THMD (They Hate My Design) yang dibikin mas amenth a.k.a loveisick, banyak dibajak orang. Lalu aku pun menyempatkan bertanya pada mas amenth (saat masih di petakumpet)

”Nggak nuntut tuh bikin desain susah-susah trus dibajak?”

”Nggak tuh..”

”Kenapa?”

”Soalnya aku mbikinnya juga pake software bajakan hehe…”

Semoga hoax ini bisa menyadarkan para desainer, meskipun sekarang Corel-nya sudah Corel X4…. Salam olahraga!

Tags: , ,

One Response to “Hoax harusnya mbok ya yang positif”

  1. Fahroni Arifin Says:

    Betul sekali mas. Memang sesuai yang dikampanyekan oleh banyak pihak, bahwa apapun yang mau kita tampilkan di internet hendaknya betul-betul dipikirkan. Karena dampaknya bisa sangat nyata, entah bagi kita maupun orang lain yang menikmatinya. Tapi sebaiknya itu jangan jadi kendala untuk memanfaatkan internet sih, cuma musti lebih bertanggung jawab aja. Hehehe.

    Salam kenal🙂

Leave a Reply

