1 : 40

2882371567_9ec0be2d90_b

Poster di atas aku ambil mentah-mentah dari blognya temenku di hysaonline.wordpress.com karena memang aku nggak punya file aslinya. Dibuat waktu masih awal-awal aku masuk petakumpet. Poster ILM tersebut menjadi Pemenang III Lomba poster “Stop Kekerasan terhadap Perempuan” yang diselenggarakan Rifka Annisa Yogyakarta. Sebenernya kami mengirim 2 karya, yang satunya masuk juara harapan II meskipun cuman main copy doang. Pemenang I hadiahnya 1 Juta, Pemenang II 750 ribu, Pemenang III 500 ribu. dan harapan I & II mendapat 400ribu & 300 ribu kalo tidak salah. Cuman anehnya juara II nggak ada pemenangnya. Tapi kami bangga, karena masukin 2 entry masuk finalis semua, uangnya bagi dua, lumayan lah meski nggak banyak-banyak amat.

Sebenarnya poster tersebut merupakan kelanjutan dari serangkaian lomba yang aku ikuti pada tahun 2006 yang alhamdulillah banyak yang menang (dari lomba logo, poster, sampai Pinasthika) Tapi meskipun menang di awal tahun 2007, justru poster itu malah menjadi satu-satunya poster yang menang dari serangkaian lomba yang aku ikuti di tahun 2007. Dibanding tahun 2006, aku lebih berantusias mengikuti banyak lomba di tahun 2007. Dari lomba logo, Black Innovation Awards yang pertama, poster, desain cover, Desain Package Challenge LUCKY STRIKE bahkan yang manual sekalipun. Karya-karyanya pun banyak mendapat pujian (termasuk dari diri sendiri hehe…) dan kualitasnya lebih baik daripada tahun 2006. Cuman sayang nggak ada yang menang, paling mentok cuman masuk finalis.

Uniknya lagi, lomba-lomba yang aku ikuti di tahun 2007 itu selalu kusimpan di komputer kantor, dan kubikin folder lomba. Dari folder lomba tersebut aku buat subfolder dengan 2 folder yang berbeda, yaitu folder menang lomba dan kalah lomba. Suatu hari aku mencoba untuk mengecek berapa kali yang menang dan berapa kali yang kalah. Aku cek di folder yang menang lomba yang ada hanya satu, yaitu poster Rifka Annisa. Kemudian aku cek folder yang kalah lomba, luar biasa! Setelah kuhitung ada sebanyak 40. Perbandingan antara yang menang lomba dengan yang kalah lomba pada tahun 2007 adalah 1 : 40. Itu tidak termasuk yang belum aku masukin ke folder lomba. Sekalipun perbandingan antara yang menang dan yang kalah 1 : 40, namun aku merasa puas. Puas, karena tidak menyerah dengan kegagalan yang bertubi-tubi dan selalu berusaha bangkit dengan kekuatan maksimal. Karena sekecil apapun, selalu ada peluang entah itu kapan. Ini  baru 1 : 40, peluang kita dilahirkan saja (telur dibuahi sperma) 1 : 40 juta kok, malah banyak yang hamil diluar nikah daripada yang sudah menikah lama tapi belum punya anak juga, hehe…

Suatu hari aku berencana  mem-burn laporan kemenangan dan kekalahan itu sebagai penyemangat (dan mungkin bisa diceritain dan diliatin ke anak cucu hehe…), mendadak hardisk-nya jebol. Hingga akhirnya dilarikan ke tukang service komputer dan bisa terselamatkan. Karena terselamatkan dan takut ilang lagi, aku pun siap dengan DVD sekalian untuk membackup data-data kerjaan selama 1 tahun di petakumpet. Sialnya, ada yang tidak sengaja men-shift-del semua data itu saat merapikan semua data yang ada di komputer kreatif. Sudah hilang, terselamatkan, eeeh…malah di-delete! Mungkin ini sama seperti filosofi burung Phoenix yang diusung petakumpet membakar kejayaan masa lalu, dan bangkit dengan kekuatan baru.

Untungnya ada karya-karya lomba yang luput dan belum aku masukkan ke folder kalah lomba. Suatu hari aku pake lagi diganti dikit buat lomba logo di tahun 2008, dan menangnya lumayan hehe… Apa mungkin karena tahunnya genap yah? Ah takhayul!

Tags: ,

One Response to “1 : 40”

  1. Sri S Says:

    menang krn aq ikut milih tuh he……….. (just kidding akh)

Leave a Reply

