mengcopy copy

Kalau kita pergi ke Taman Pintar, mungkin akan kita temukan tulisan sebuah gagasan yang berupa kalimat rumusan 3N alias Niteni, Nirokke, Nambahi (nggak tahu sekarang masih apa nggak) Penggagas konsep itu adalah Ki Hajar Dewantara, yang katanya orang Jepang mencuri konsep itu untuk maju, kata Pak Agus Atmajaya sih. Niteni, Nirokke, Niteni, dalam bahasa Indonesia adalah Amati, Tiru, Sempurnakan. Niteni adalah selalu memperhatikan sampai hal-hal detail, Nirokke adalah selalu mencontoh hal-hal yang dianggap bagus / hebat dsb, dan Nambahi yaitu ditambahin hal-hal bagus sehingga menjadi the best.

Melihat keadaan yang terjadi sekarang, dimana banyak orang yang suka asal mengcopy-paste, saya rasa konsep 3N adalah solusi yang tepat. Ngopy secara mentah-mentah sama sekali nggak bikin orang untuk belajar dan menjadikannya pengecut, itu pasti. Beda dengan 3N. Konsep 3N adalah konsep yang membuat sesuatu yang baik menjadi lebih baik lagi. Membuat orang untuk selalu belajar dan belajar lagi. Dan aku benar-benar puas bisa mengaplikasikan konsep 3N  saat mengikuti lomba poster Deep Indonesia kemaren-kemaren.

Awalnya aku tertarik dengan PrintAd World Ocean Conference 2009 di atas. Bukan hanya karena menjadi juara 3 di Best of PrintAd 2009 adsoftheworld.com, tapi yang bikin karya itu adalah orang Indonesia, agency Grey. Silahkan cek di www.iklanindonesia.blogspot.com

Dari poster itu aku curi konsepnya dan mencoba mengomunikasikannya kembali dari sudut pandang yang berbeda. Dengan menggunakan pola Niteni, Nirokke, Nambahi tentunya. Caranya adalah dengan mengombinasikan iklan billboard A Mild yang Tanya kenapa versi Selamat Datang Banjir (sayang dulu placement-nya cuman di Jakarta) menjadi sebuah treatment message yang benar-benar berbeda. Pesan jika terumbu karang punah selanjutnya manusia juga akan punah diterjemahkan dengan visual karangan bunga untuk kepunahan manusia yang dirangkai dari terumbu karang.

Memang minggu-minggu mendekati deadline, kebetulan didera kerjaan kantor yang begitu banyak. Apalagi sehabis dari kantor aku harus meeting tiap hari dengan kelompokku untuk persiapan ujian cwmc (www.cwmcindonesia.com) Dan malamnya kira-kira jam 9 lebih sehabis meeting aku balik lagi ke kantor lagi buat nge-path gambar-gambar terumbu karang yang sudah aku download dan kumpulkan pada hari Minggu 28 Februari. Padahal deadline-nya tanggal 5 Maret, dan ngirimnya harus tanggal 4 Maret karena tidak cap pos. Jadi Senin sampai Rabu, tanggal 1 sampai 3 habis meeting cwmc, aku maksimalkan tubuhku untuk digencar habis-habisan dari jam 10 malam till drop!

Dan karena aku memang nggak jago digital imaging, maka selanjutnya aku minta bantuan Adit-Deetskoink untuk me-retouchnya. Hasilnya sangat memuaskan, thanks Adit! Nah, selanjutnya, yang ini nggak patut untuk ditiru, adalah masalah di copy. Dan karena aku adalah copywriter, harusnya aku bisa membuat copy yang lebih baik. Tapi karena waktu itu aku juga dikejar-kejar buat bikin Creative Output untuk presentasi Strategic Planning cwmc yang deadline-nya dikirim semuanya sebelum pukul 20.00, maka (bener yang ini jangan ditiru) aku mencopy copy PrintAd World Ocean Conference 2009, dengan cara hanya mentranslete-nya saja ke dalam bahasa Indonesia.

Coba bandingkan copynya, tak lain hanyalah terjemahannya saja dari after the coral reefs completely vanished, the human kind will be next. Saya rasa kalau poster itu menang mungkin pantas kalau diberi keterangan Copywriter: Abimanyu Satrio. Cuman sayang masuk finalis aja nggak. Mungkin penyebabnya karena mengcopy copy, padahal awalannya udah bener pake 3N. Entahlah, wallahu a’alam…

Sampai sekarang pun saya masih penasaran dan belum nemu, bagusnya mau diberi copy apa ya?

Tags: , , ,

3 Responses to “mengcopy copy”

  1. playboygila Says:

    semangat mas..
    mugkin lain kali..
    tapi aku koq gak nyadar nek terjemahan ya copyne
    hehehe
    coba nganggo copyku, menang kui
    wkwkwkwk

  2. el Says:

    km tuh copy apa art tho? knp ikut2an nge-path?
    cwmc itu apa ya hus? sejenis seminar kah? aku mbuka websitenya langsung disambut fotomu yang gede itu, tapi males mbacanya, inggris je.

    • husnimuarif Says:

      aku tetep copy kok, ini kan project diluar kantor, jadi ya nge-path sendiri. Semuanya dikerjakan sendiri hehe….
      cwmc ituu… apa ya? yah semacam seminar strategic2 planginan gitu deCh, aku aja baru masuk hari ke-3, tau2 dikabarin dari kantor, hus besok Sabtu kamu ikutan seminar yah? sebenernya udah 2 minggu yg lalu sih… hehe… nggak tau klo udah didaftarin….
      Tapi so far sangat2 menambah ilmu kok, sayang kalau dilewatkan. Seumpama klo ada cwmc di Jkt ikutan aja deh… Swer!

Leave a Reply

