perpanjangan

Sebelum baca, saya ingatkan bahwa ini adalah sebuah cerita yang panjang perihal perpanjangan, tapi beruntung aku sempat menuliskannya. Jadi yang agak males baca tulisan panjang, apalagi jika dihubungkan dengan tanggal-tanggal, mohon atur mood untuk membaca tulisan ini. Terima kasih.

Kemarin tanggal 27 April aku buka email, di inbox: Pengiriman Karya IGDA Diperpanjang Hingga Tanggal 5 Mei 2010. Aw, Ada sesuatu yang menyadarkanku. Ternyata ada 3 momen berturut-turut yang sama mengenai hal yang berhubungan dengan perpanjangan. Paling tidak setelah 9 April, dan itu setelah melalui sebuah perjuangan yang menguras tenaga lebih dari ekstra.

Pada tanggal 9 April ada sebuah ajakan dari DGI untuk pameran online karya-karya petakumpet. Dus, Jum’at itu akhirnya langsung ditentukan tema PERF9CT10NIST, maksudnya menuju kesempurnaan dari 9 ke 10. Karya yang akan dipamerkan adalah karya-karya petakumpet yang pernah dibuat dan karya personal anak-anak di Departemen Kreatif. Ya, ada juga karya personal, dan deadline pengumpulannya adalah tanggal 14 April, karena tanggal 16 akan dikirim. Lalu kuputuskan juga saat itu: Lupakan lomba desain logo Universitas Malang, hiks. Dan saat itu aku juga sudah memutuskan apa yang akan aku buat. Ya, aku perlu membuat kreasi sandal yang baru lagi untuk menggantikan sandal Spiderman feat Beast dan The Beatles-ku yang sudah na’udzubillah.

3 tahun yang lalu

Sekarang

….

Aku berencana untuk membuat karya lokal Indonesia. Dan karena aku ngefans banget sama Teguh Santosa, maka kubuatlah karyanya yang penuh dengan detil tinggi itu sebagai sebuah tantangan. Hari Sabtu aku sibuk menentukan adegan mana yang akan kuambil. Lalu kuambil-lah adegan Bima melawan Duryudana di seri Baratha Yudha, dan langsung aku skets dengan pensil mekanik. Hari Minggu mengiris dan mencokel seharian dengan cutting pen sampai sore, dan jadi sampai dua kepala Bima dan Duryudana. Hmm seharian aja baru 20%, kira2 jadi nggak ya sampai tanggal 14? Hari Senin tanggal 12 kebetulan juga ada kerjaan di kantor, tapi waktu siang aku ijin pulang. Bukan untuk makan siang (karena hari itu aku puasa) tapi karena meneruskan pekerjaan sandal. Lumayanlah dapet sedikit, ntar malem diterusin lagi. Jam 2-an lebih aku balik lagi ke kantor. Pulang dari kantor langsung aku terusin sampai jam 1 pagi.

Hari Selasa aku bawa sandalku ke kantor, tapi tak kukerjakan karena tersita banyak kerjaan kantor. Pulang kantor langsung kuteruskan lagi sampai jam 1 lebih ditemani dengan kopi segelas penuh dan mp3 seluruh album penuh Duran-Duran, The Police, Padi, Scorpion, Roxette, sampai balik ke lagu Duran-Duran lagi. Dan tanggal 14 sandal itu belum jadi, tapi aku bawa ke kantor, siapa tahu bisa jadi karya unfinished. Tapi ternyata pada tanggal itu banyak karya anak kreatif lain yang belum selesai. Siangnya, aku melanjutkan pekerjaan sandal itu di kantor sampai sore tiba, ternyata baru bisa selesai 60%. Hmm, ngirimnya tanggal 16, kalau nanti malam aku lembur lagi, mungkin tanggal 15 besok jadi. Malamnya kulembur lagi, ternyata masih belum juga. Siangnya aku teruskan lagi di kantor, dan belum selesai juga. Akhirnya aku janji pada Mas Heru (orang yang bertugas mengumpulkan karya) karyaku akan jadi tanggal 16 pas! Malamnya aku lembur, masih 85% Dan paginya aku ijin ke kantor untuk berangkat agak siang jam 11 buat menyelesaikan sandal ini, karena sangat nanggung! Dan akhirnya jadi 100% dengan menorehkan namaku dan (alm) Teguh Santosa. Langsung kupotret dan kukirimkan ke Mas Heru tanggal 16 itu juga. Masalah pameran selesai! (Dan biar tidak terjadi membludaknya permintaan dan viewer sampai 4000 seperti dulu, kali ini sandalnya tidak aku upload dulu, sabar yah…)

Fiuh!, kita lupakan dulu kelanjutan cerita itu, berikutnya tanggal 17, hari Sabtu aku terkapar sehari penuh untuk istirahat. Minggunya aku ke kantor buat nyari referensi untuk lomba logo Budi Mulia Dua Foundation (BMD) sekaligus kalau-kalau ada gambar keren buat bikin cv untuk cwmc (mandatori dari panitia). Pengiriman logo BMD paling lambat tanggal 22 April. Hari Senin 19 April, aku iseng buka web black innovation awards (BIA) ternyata ada pengumuman 7 hari lagi penutupan! Ternyata info dari Dika (temenku di BIA 2008) yang mengatakan pengiriman ditutup tanggal 26 benar. Hari itu aku bingung menentukan prioritas: cv – logo BMD – BIA? Tanggal 20 akhirnya kuputuskan focus di cv buat cwmc karena pengiriman harus tanggal 21 (itupun sudah mengalami pengunduran) Mau foto profil baru kayaknya gak ada waktu. Beruntung aku nemu fotoku yang dulu untuk iseng tapi lumayan buat dibikin cv. Siangnya aku buat persiapan mockup untuk lomba logo BMD, dan malemnya aku baru menyusun cv.

Rabu 21 April, paginya aku kirim cv-ku ke cwmc by email, satu masalah selesai. Jangan girang dulu, besok tanggal 22 adalah deadline pengiriman logo BMD! Hari itu aku mengerahkan seluruh tenaga dan pikiranku untuk membuat konsep logo sesuai brief-nya! Kebetulan pekerjaan kantor belum ada yang menggempur lagi. Tiba-tiba ada sms masuk. Icaque (Hysa), temenku yang di Jakarta ingin juga ikutan logo BMD dan minta tolong untuk sekalian ngeprint dan mockup. Aku bilang kirim saja karyamu dengan segala persyaratannya, karena kemungkinan aku akan ngeprint besok pagi-pagi, tapi ternyata dia juga baru buat logonya. Malamnya aku mengerahkan seluruh sisa tenaga yang ada buat menyelesaikan logo yang akan aku kirim. Pukul 03.00 ada sms masuk, Icaque nggak jadi ikutan karena masih belum sreg dengan logonya. Fiuh, beban agak berkurang. Pagi jam 08.00 aku ngeprint di Graphico tanpa antri, dan siangnya aku kirim langsung ke Budi Mulia Dua dengan suksesnya. Satu lagi masalah selesai…

Sekarang tinggal BIA. Hari Jum’at tanggal 23 April sebenarnya aku mau menghela nafas sebentar biar bisa fokus buat bikin BIA di hari Sabtu, karena di website-nya tertulis Pendaftaran BIA akan ditutup 3 hari lagi. Aku jadi bingung, apakah penutupannya pada tanggal 26 atau pas 3 hari pada tanggal 25. Tapi pagi sebelum berangkat ke kantor tiba-tiba ada yang menelpon. Temenku satu kos dulu Dedi, yang kini di Jakarta akan datang ke Jogja pada hari Sabtu dan aku harus menemaninya mengantarkan putar-putar Jogja pada Sabtu malam dan Minggu pagi. Ouw, tidaaaak. Artinya hari Sabtu aku harus mati-matian menyelesaikan BIA. Tapi sampai menjelang maghrib baru jadi 40%, dan semoga Minggu sore aku bisa menyelesaikannya sekaligus mengirimkannya. Habis maghrib aku menemui Dedi yang sudah sampai di hotel, setelah itu langsung makan malam spesial di Bale Raos. Maunya malam itu mau ngobrol panjang sambil liat liga Inggris MU-Tottenham, tapi jadinya malah langsung tewas, padahal sudah beli snack segala. Minggu paginya aku nganterin Dedi ke rumah temennya yang di daerah sekitar Candi prambanan sampai jam 11. Setelah itu langsung pulang dan melanjutkan membuat karya BIA.

Tapi sialnya, sampai hampir maghrib pun belum selesai. Wadugh, gimana nih? Dan sehabis Isya’ aku teruskan lagi, masih belum selesai-selesai juga. Ditambah lagi aku bingung, telatnya hari ini apa tanggal 26 Senin besok? Namun aku tetap terus berusaha menyelesaikannya hingga akhirnya sampai pada 90%. Mendekati jam 9 malam aku berpikir Ah, sekarang aku istirahat dulu, 10%-nya aku selesei’in besok pagi sekalian ngirim pas injury time. Tapi nggak tahu ada angin apa, tiba-tiba aku tergerak untuk mengirimnya malam itu. Meski baru 90% aku masukin semua file ke flashdisk dan langsung meluncur ke kantor. Sampai di kantor aku sempurnakan sampai 100% hingga jam 10 lebih, lalu kemudian aku kirim. Fiuh, legaaa…. Paginya aku berangkat kerja dan ngecek web BIA, ternyata sudah ditutup! Tidak ada Register lagi, kalau klik register akan keluar sebuah peringatan: maaf pendaftaran BIA 2009 sudah ditutup. Aneh? Kok 2009 sih. Tapi yang membuatku yakin adalah dengan tulisan berjalan yang ada di halaman pertama: BIA 2010 is Closed for Registration. AlhamduliLLAAA…H beruntung aku ngirimnya tadi malam, bukan hari ini.

Nah, sekarang kita lihat hasilnya…. Kembali ke pameran PERF9CT10NIST, ternyata karya yang seharusnya dikirim pada tanggal 16 April, tanggal 19 pun belum direview, sampai sekarang pun belum ada kejelasan. Padahal bikinnya dikejar-kejar seperti mengoperasi pasien yang mau mati saja. Kemudian pada tanggal 23 April tiba-tiba saja temenku yang maniak logo Joni Balbo, sms aku untuk melihat informasi lebih jelas tentang logo BMD di internet. Sampai kantor aku cek, ee.. lhadalah diundur sampai 8 Mei. Tiwas kemrungsung, begitu Joni Balbo balesin sms. Kemudian aku sampaikan informasi ini ke Icaque, dan bersoraklah dia, hehe… Kemudian setelah mengucap puji syukur AlhamduliLLAH karena telah terselamatkan tidak mengirim BIA pada tanggal 26, pada hari Senin itu juga, sorenya ada inbox baru dengan Title BIA 2010 Closing Notification yang isinya: Pendaftaran BIA 2010 di perpanjang sampai 3 Mei, bagi kamu yang belum mengupload karya segera upload karyamu. Regards,Black Innovation Awards 2010. Aku nggak ngabarin informasi ini ke kakakku, karena dia juga mau ikutan, dan menyuruhku untuk mengurusi itu semua. Aku sudah sangat capek, dan dengan peristiwa itu sebenarnya sudah mengganggu urusan kerjaan kantor.

Begitulah cerita panjang seputar perpanjangan yang terjadi dari tanggal 10 – 26 April, sampai-sampai aku tak sempat menyentuh blog ini. Entah akan ada kejadian apa lagi setelah ini. Selamat bermalam panjang!

Tags: ,

One Response to “perpanjangan”

  1. Topic Says:

    Budaya jam karet…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: