Husni Mu’Arif

Awalnya ketika aku lahir di dunia, ayahku mau menamakanku Husni Mubarok. Biar sama kayak nama presiden Mesir (waktu itu), katanya. Tapi ibuku nggak setuju, alasannya nanti teman-temanku manggil aku “Rok… rok…!!” Karena rok identik dengan pakaian perempuan, sedangkan aku kan laki-laki. Seperti itulah…. Serius! Sejarah dibalik asal-usul namaku seperti itu. Agak wagu kan?

Lalu apakah artinya? Husni sama halnya juga dengan Hasan-Hussein, artinya baik. Sedangkan Mubarok artinya terberkahi atau mungkin barokah. Nah kalau Mu’Arif? Kedengaannya sama dengan nama sekolahan SD-SMP-SMA Al-Ma’arif? Menurut analisaku Mu’Arif sama juga dengan Ma’ruf atau Ma’rifah artinya ya arif atau baik atau bagus. Ada juga yang lain dari kata Yu’rafu yang artinya mengetahui atau mengenali (mungkin lo, sok tau sih) Jadi arti dari namaku kalau digabung, Husni Mu’arif adalah baik nan arif atau baiknya dobel (kali aja). So? Apakah arti dari sebuah nama? Katanya nama itu do’a. Ada juga yang bilang nama itu adalah sebuah amanah yang harus diemban dan dijaga. Jadi kalau namaku Husni yang artinya baik, seyogyanya aku harus bisa mempertahankan diriku untuk jadi orang baik (semoga) Alhamdulillah, selama ini orang yang aku temui yang bernama Husni, kebanyakan orang baik. Tapi ya nggak semuanya, pernah aku lihat ada perampok tertangkap di acara TV BUSER namanya Husni. Dan aku hampir tak percaya. Kadang aku miris melihat daftar nama orang yang dipenjara di kantor polisi. Namanya bagus-bagus, yang Abdul ada 2, Abdul Rahman dan Abdul Latief. Dan ada satu lagi yang namanya diawali Muhammad. Na’udzubillah….

Dalam penulisan, selalu aku cantumkan tanda (‘) didepan huruf A, karena arif itu dari bahasa Arab dan memakai ‘Ain, bukan Alif. Jadi selama ini aku lihat tanda tangan bosku Arief Budiman yang, memakai tulisan Arab dengan segitiga, sebenarnya aku bisa mengolok-olok beliau, karena memakai Alif, bukan ‘Ain. Perlu dikoreksi, jangan sampai terjadi kesalahan tanda tangan seumur hidup hehe…

.

.

Tapi adakalanya aku hanya menuliskannya Muarif (disambung) Biasanya itu terjadi saat mengisi isian lembar komputer dengan pensil 2B, dimana ada bulatan dari A sampai Z, dan tak ada tanda (‘) Ya apa boleh buat? Tapi kebanyakan orang menuliskannya tanpa tanda (‘) Mungkin hanya untuk memudahkan saja, sehingga aku mengaplikasikannya di alamat email husnimuarif, bukan husnimu’arif.

Pada November 2007, aku mulai menyukai dan mendalami sedikit demi sedikit seni pola escher dengan permainan karya yang cerdas dan cukup memutar otak. Ternyata namaku juga bisa dibuat pola seperti itu, bila huruf i pada husni diganti dengan huruf y sehingga menjadi husny. Lagipula kata husni dalam susunan tulisan Arab terdiri dari (k)ha (setelah jim) – sin – nun – dan yak. Yak sendiri biasanya dituliskan dengan huruf y seperti dalam Jony, Susy, Cory, dll. Lalu aku pikir, kenapa tidak dipakai sebagai logotype-ku saja? Bukankah lebih menarik daripada logo HUSNI-UNI ART? Ya udah aku bikin aja dengan posisi dirotate 90°. Simpel, dan bisa dibaca dari sisi atas maupun bawah, keren kan?

.

.

Kalau di twitter aku mulai mengenalkannya dengan identitas nama; husny_pake_y, hehe…

Dan sialnya, kadang orang yang melihat tulisan husny, banyak yang mengira itu adalah nama untuk cewek.

Kita tinggalkan sejenak tentang itu, kini kita bandingkan nama kita dengan nama seluruh orang yang ada di dunia. Pertanyaannya adalah, apakah nama kamu adalah satu-satunya di dunia? Pada tahun 2006 aku mencoba menuliskan namaku di yahoo.com. Dan nama Husni Mu’Arif ada di bagian paling atas, sebagai orang yang meraih mendali Silver di Young Film Director Pinasthika. Yang lainnya ada Husni tapi bukan Muarif tapi Husni Thamrin, pahlawan nasional. Ada Muarif, tapi Syamsul Muarif. Semakin banyak menang lomba, namaku semakin sering tertera di pencari Yahoo maupun Google. Kadang di lomba poster, lomba logo, atau karya iklan. Sehingga kalau aku kenalan dengan orang baru waktu itu, selalu aku katakan “Ketik namaku di Google, kamu akan tahu siapa aku!” hehe… gaya banget!

Tapi ternyata kesombonganku itu tidaklah berlangsung lama. Karena jika mengetik Husni Muarif di Google, maka salah satunya akan muncul di Friendster. Agak sedikit nggak bisa dibanggakan bagiku. Baru saja aku cek namaku Husni Mu’Arif (pake ‘) di Google, sekarang ada baru lagi di Twitter. Dan di bagian paling atas, namaku tercantum di website entrepreneurship, karena temuanku; Stantar (Standar-Putar) di Black Innovation Awards 2008 yang disebutkan di situ bisa dijadikan sebagai peluang lahan bisnis. Sehingga saat ini banyak sekali yang memenuhi inbox emailku, menawarkan diri untuk menjadi agen pemasar Stantar. Padahal produknya belum diproduksi, dan memerlukan waktu yang lama.

Akhir tahun 2008, kukira nama Husni Muarif masih satu-satunya di dunia, namun nama Husni Muarif (tanpa ‘) yang ada di Google sudah ada dua. Yaitu siswa SD berprestasi dari Bantul. Dan kini kalau mengetik lagi Husni Muarif di Google, siswa itu juga berprestasi lagi di Olimpiade Biologi, tapi sudah menginjak SMP, hehe…

Sekarang kalau aku mencari nama temanku di Google, maka tampilan pertama yang akan muncul pasti Facebook. Sesuatu yang lumrah bagiku, dan tak ada yang bisa dibanggakan. Itulah salah satu alasan kenapa aku males bikin Facebook.

Sebenarnya aku juga punya temen dengan nama yang unik dan beda. Dan biasanya aku tertarik dengan orang yang memiliki nama agak sedikit unik, penasaran bagaimana asal usulnya, hehe… Setiap aku dapat nama yang unik, selalu aku cek di Google, Facebook (-nya temenku) atau Friendster. Duluuu sekali, waktu jaman-jamannya Friendster, aku pernah nemuin temanku di Friendster karena hanya ada 6 orang yang memakai namanya di dunia. Bahkan sekarang aku juga menemukan nama temenku yang hanya dia satu-satunya yang memakai namanya sendiri di dunia. Bicara tentang nama yang beda dan unik, aku menemukan sebuah pola. Biasanya orang yang mempunyai nama yang mungkin hanya satu-satunya di dunia, bintangnya adalah Taurus (termasuk aku hehe…) atau kalau enggak Capricorn. Ini berdasarkan penelusuranku lo.. Dan satu lagi, suatu hari aku pernah iseng membaca ramalan bintang siapa pasangan yang tepat, kebetulan pasangan yang tepat bagi Taurus adalah Taurus dan Capricorn. Begitu juga dengan Capricorn. It just ramalan you know….

Tapi ada yang agak sedikit membanggakanku sekarang. Ketika aku mengetik husni (belum muarif), tiba-tiba sudah ada daftar yang memberi lanjutan muarif pada peringkat enam. Hmmm… kayaknya nama Husni Muarif sudah begitu populer dimana-mana sekarang, hehee….

Nah, bagaimana cara membuat agar nama kita populer di Google? Gampang lah, bikin aja Facebook. Tapi bagiku nggak membanggakan sih. Atau bikin blog dan website yang banyak, yang di dalamnya ada nama kita, mungkin bisa. Dulu waktu aku pertama kali membuat blog ini, nama Husni Muarif berada pada peringkat pertama di Google. Tapi sekarang malah ketambahan twitter ada di peringkat 2. Belum kalo aku bikin foursquare. Eh gimana agar semakin populer aku ketik nama Husni Muarif yang banyak di blog ini? Biar naik dari peringkat enam gitu? Coba ah:

Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif Husni Muarif.

Oke, sekarang tinggal cek di Google, hehe… kurang kerjaan aje…..

Tags: , ,

7 Responses to “Husni Mu’Arif”

  1. bimalizer Says:

    http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&hs=IEi&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&q=bima+surya+pamila&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=

  2. Husni Says:

    Ehehehe……
    Nggak sengaja nemu artikel ini. Husni dari Bantul yang tertulis di Google akhir 2008 itu aku lho……
    Salam kenal Dari Husni Muarif (Bantul) ^_^

    • husnimuarif Says:

      kamu taurus juga gak? ato capricorn? hehe… gak penting… yg penting kita harus bisa jaga nama yang sudah susah2 diberikan orang tua kita… tingkatkan terus prestasimu (kayak di raport aja) dan jaga baik namamu, eh nama kita, hehe….. Trims dah mampir..

  3. Husni Says:

    nmq jg husni tp husni aja tp aq cewek loh. byk crita lucu gr2 nm ini, slh stux wktu ikut pengkaderan d kmpus. trxta eh trnxata ada seniorq yg nmx husni jg tp cwok. mliht kenyataan ini spertix seniorq tu tdk trima klo nmx sm dgn cwek. lgsg aja d srh gnti jd husna, husniah dll. akhrx nametagq trpaksa z gnti jd husna. ckckckck tman2 yg lain jd heran slx kn aq dah trkenal d kampus dgn nm husni he he he. tp aq sgt suka pke nm ini. z tdk peduli mw d blg nm lk2 ke yg pnting happy.

    • husnimuarif Says:

      dulu waktu SMP aku juga punya temen sekelas cewek tapi namanya yusni, beda dikit…. tiap namaku dipanggil guru aku selalu diam pura2 bukan aku yang dipanggil, hingga akhirnya yusni sendiri yang maju… padahal seharusnya aku yg maju, hehe… licik ya aku?

  4. rochandialif Says:

    ulasan yang mantep bro….suka banget baca artikelmu.sori baru kasih comment..keep blogging

  5. Erenn Pratama Says:

    Judul tulisan ini mengingatkan saya pada twitternya @sigagalgombal

Leave a Reply

