mentari sudah mulai bergeser

Sekarang tiap hari sebelum aku pergi ke kantor, aku selalu melakukan kegiatan rutin seperti apa yang pernah aku lakukan 9 bulan yang lalu. Yaitu memindahkan lukisan dussel BAT-FAMILY, dari terpaan sinar matahari yang menembus genteng kaca kamar kosku (maklum tidak ada eternit, tapi lumayan buat dipasangin antena, bisa nonton bola tanpa gangguan dikala hujan deras) Ya, kini letak matahari sudah bergeser, sehingga aku harus mengamankan lukisan BAT-FAMILY yang dibuat 6 tahun yang lalu itu.

.

.

Lukisan yang menjiplak karya Alex Ross dengan teknik skala itu dibuat untuk mengisi kekosongan setelah lebaran pada tahun 2004 dan aku selesaikan dalam 4 hari (kalau nggak salah). Tepatnya tanggal 16 Desember, tanggal dimana aku memulai membuka rekening pertamaku di Jogja, sekaligus kupersembahkan untuk ulang tahun teman lamaku  yang kini menetap di Belanda. Sebenarnya lukisan ini hanyalah pemindahan karya Alex Ross dari ukuran pin up di komik The Adventure of BATMAN kelima terbitan m&c ke ukuran 80 x 60 cm. Awalnya kukira pin up ini bukan lukisan, melainkan karya fotografi Alex Ross, sehingga aku sempat berpikiran mustahil untuk mengerjakannya dengan pensil. Namun dengan NIKE akhirnya semuanya menjadi adidas, artinya JUST DO IT sebab IMPOSSIBLE IS NOTHING. Niat itu dilakukan saja, karena sebenarnya yang mustahil itu tidak ada.

Menghabiskan 2 pensil 8B, 1 pensil 4B, dan 3 pensil 2B, rasanya sangat puas saat aku tahu hasilnya. Dan mungkin itulah karya terbaik yang pernah aku buat setiap tanggal 16 Desember. Sengaja tidak aku torehkan namaku di lukisan itu, karena aku menyadari bahwa aku hanyalah plagiator, menjiplak dengan teknik skala karya Alex Ross. Aku hanya membubuhkan logo BATMAN dan tanggal 16 Desember 2004 di bagian bawah kiri. Sampai sekarang pak kosku masih mengira bahwa lukisan itu adalah foto hitam putih, dan tak percaya kalau lukisan. Terakhir aku tak sengaja dapet gambar Alex Ross itu di internet, ternyata aslinya adalah berwarna. Dan kalau dilihat malah lebih tampak realis yang hitam putih daripada yang warna.

.

.

Dulu aku pernah publish di friendster pada tahun 2006 (aw, dulu aku kurus sekali), dan ada yang mau membantuku melelang lukisan itu untuk tambahan biaya haji ibuku. Sebenarnya kalau tidak terpaksa untuk biaya tambahan haji, lukisan itu sama sekali tidak dijual, berapa pun harganya. Namun karena terpaksa…ya…. Tapi akibat ditunda dan ditunda, akhirnya malah bunda meninggal dunia duluan, sehingga mau nggak mau aku menghajikannya dengan badal haji, dari uang hasil menang lomba-lomba yang aku ikuti.

.

image dari friendster

.

Kini, lukisan itu masih ada di ruangan kos. Masih dengan posisi yang selalu menyapa siapa saja yang masuk. Dan masih tidak dijual. Bukannya tidak perlu duit, tapi siapa tahu besok aku bisa menunjukkan kepada anak cucuku kelak, bahwa kalau niat sudah tekad, lakukan saja, kamu pasti bisa mencapainya, karena tidak ada yang tak mungkin di dunia ini. Dan untuk memeliharanya, maka aku harus terus memindahkan lukisan itu tiap pagi agar polesan pensilnya tidak pudar karena sinar matahari yang masuk dari genteng kaca yang tanpa eternit itu.

Ingat, sekali lagi, tidak dijual! Eh anu, kecuali kalau ada yang nawar tinggi, dan bisa buat beli rumah di Jogja nggak papa ding, hehe…. Paling tidak aku bisa menunjukkan kepada anak cucuku lewat blog. Hmmm, kurasa itu ide yang lebih bagus.

Tags: , ,

2 Responses to “mentari sudah mulai bergeser”

  1. ryo Says:

    kayakna lukisanna bkin cmgt bt nempuh hari yg baru y…
    klw gtu cmgt y..
    (http://rior06.student.ipb.ac.id)

  2. KINGDOM COME « No Time for Nggombal Says:

    […] warna yang mulai kusam, tapi aku masih menyimpannya dan menjaganya saat ini (baca postingan https://husnimuarif.wordpress.com/2010/06/01/mentari-sudah-mulai-bergeser/) Tahun 2005 aku ingin menduplikasi lagi gambar cover pertama Superman yang dirombak lagi oleh Alex […]

Leave a Reply

