a tribute to Teguh Santosa

Akhirnya! Jadi juga pameran P9RFECT10NIST. Meski agak telat mostingnya di blog, harusnya diposting pas tanggal 7 Juni kemarin. Maklum sibuknya bukan main, ketambahan dengan komputer yang harus diinstal ulang karena lambretnya emang kampret!

Sejak kecil aku sudah mengenal karya-karya Teguh Santosa. Seingatku, dulu aku juga punya tetangga yang bisa menggambar ulang karya detil Teguh Santosa. Namanya Mas Aris, katanya sekarang menjadi guru Seni Rupa di Sulawesi. Terakhir aku menikmati karya-karya Teguh Santosa di majalah ananda, entah sekarang kayaknya majalah itu sudah tidak terbit lagi.  Judulnya kalau nggak salah Mustika Mata Dewa.

Kayaknya sekarang sulit sekali mencari artis sekaliber Teguh Santosa. Tak heran beliau juga pernah bekerja untuk Marvel Comics, Amerika. Nah, terus terang sebenarnya dari dulu aku pingin sekali bertemu dengan Teguh Santosa, dan sampai sekarang nggak bakalan kesampaian karena Teguh Santosa sudah almarhum. Aku rindu sekali dengan goresan detil tintanya. Adegan yang aku sukai adalah adegan saat berkecamuknya perang dengan prajurit-prajurit yang bergerombol numpuk-numpuk dan sangat rumit dengan tombak dan perisai ada dimana-mana. Rasanya seperti kita bisa merasakan bagaimana berada di medan perang. Karakternya yang orisinil lebih aku sukai daripada komik manga yang sudah membludak dan mempengaruhi para komikus Indonesia sekarang. Gayanya kebanyakan manga melulu!

Nah mumpung petakumpet diundang DGI untuk pameran online, maka inilah kesempatan bagiku bagaimana agar bisa mengangkat karya-karya komikus legendaris Teguh Santosa. Rasanya kalau menggambar ulang karya-karya komiknya serasa tidak ada sensasi, apalagi semua orang kayaknya bisa melakukannya. Dan kebetulan sudah lama aku tidak membuat karya cukilan di sandal jepit. Maka rencana besarku untuk pameran yang bertajuk PERF9CT10NIST ini adalah memindahkan karya Teguh Santosa dari komiknya ke sandal jepit. Aku ambil adegan dari perang Bharata Yudha, dimana ada sebuah pertempuran sengit antara Bima dari pihak Pandawa dengan Duryudana pihak Kurawa. Tidak mudah memindahkan karya realistis dengan detail yang tinggi dari komik ke sandal jepit, apalagi dengan teknik iris dan cukil menggunakan cutting pen. Untuk lebih jelasnya mengenai proses pembuatannya bisa dilihat di:

http://dgi-indonesia.com/onlinexhibition/perf9ct10nist/bima-vs-duryudana/

Namun ada sebuah kebanggan tersendiri bagiku bisa menorehkan nama Teguh Santosa/Husni di sandal jepit untuk PERF9CT10NIST. Ini adalah sebuah karya yang kupersembahkan untuk Teguh Santosa. Dan dengan simbolik ini, kuanggap aku sudah bertemu dengan Teguh Santosa, hehe…

Tags: , , ,

26 Responses to “a tribute to Teguh Santosa”

  1. Joni Says:

    ampun bos.. keren amat.. salut aku..
    berapa ndina kui le gawe?
    btw, aku mau tanya; emang semua anak Jepara waktu di sekolah wajib bisa ngukir ya bos? tengkyu tuk jawabannya..

    • husnimuarif Says:

      Pirang ndina ya?… 5 ndina kayane… itupun pake nyuri2 waktu luang hehe….
      Klo gak salah dulu pas SMP kelas 1-3 ada pelajaran Seni Ukir… Semua SMP di Jepara kayaknya ada semua….

  2. el Says:

    kenapa ada jeruk disitu?

    • husnimuarif Says:

      iya ya? kenapa nggak kedondong aja? kayaknya lucu deh:-D

      ya biar petakumpet bgt gitu lochs…
      klo kedondong kan sindentosca… “persahabatan bagai kedondong..”

  3. fian Says:

    gan,,cutternya itu namanya apa?

  4. baqiyak Says:

    asli….. kueren om…

  5. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    mantap bener bang..maf ni bang kl nanyain tentang lukisxab ini..kl boleh tau alat tuk mencokel_y itu apa bang..makasih bgt.

  6. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    makasi bang,,,soal_y q lagi terjun dalam dunia sandal ukir bang..q jg sudah bkin lbih dari 20 pasang bang,,tapi msih pengeb blajar sama abang,,

  7. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    ea bang,,makasih yc penyemangat-y..beli cutting pen d & pinset d tempat apa ada_y bang,

    • husnimuarif Says:

      Cari di toko ATK, alat tulis dan kantor. Tanya aja. Kalo pinset mah di warung kecil pinggiran kadang ada, satu grup sama gunting kuku, bando, cepet, dll😀

  8. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    ea ntr q nyari d toko alat tulis..kl boleh tau abang tinggal d mna sekarang,q pengen belajr sama abang ni..heeee

  9. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    bang boleh mnta no hp abang gak ni..

  10. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    bang cutting pen d toko” alat tulis gak ada yang tau,,

  11. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    bang coba msuk d fb gw dnk..gw pengen bgt nerjunin seni sandal ini.

  12. Gembel Yantose Thethemit-slankrs Says:

    gembel yantose thethemit-slankers..ni nma fb q bang..?

  13. slice and dice « No Time for Nggombal Says:

    […] dan benar Web-web di luar yang memajang karya-karyaku sebelimnya yaitu Tribute to Teguh Santosa (https://husnimuarif.wordpress.com/2010/06/19/a-tribute-to-teguh-santosa/) menyebutnya sebagai flip-flop art. Aku merasa seperti akulah yang memulai (dengan pengerjaan yang […]

  14. siveriezt Says:

    inspiratif banget mas, dari kmrn bingung mau ngasih kado apaan. itu cutternya beli dimana? :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: