Akhirnya aku memakai jaket NEUTRON!

NEUTRON. Sebuah lembaga bimbingan pembelajaran yang terkenal di Jogja. Banyak sekali cerita dan inspirasi yang aku dapatkan di sana (terutama dari pengajar yang namanya Lestariyanto, hehe.. masih gak ya sekarang?). Bahkan NEUTRON juga masuk dalam cerita buku harian theLOGO-ku. Tapi ada satu cerita yang terlewatkan, yang tidak aku masukkan ke dalam buku itu, yaitu tentang sebuah jaket.

Awal 7 tahun yang lalu aku masuk bimbingan belajar NEUTRON untuk persiapan SPMB yang kedua kalinya, karena yang pertama aku gagal. Saat mendaftar aku mendapat bonus jaket NEUTRON, kemudian aku berjanji pada diriku sendiri bahwa aku tidak akan pernah memakai jaket itu kecuali setelah lolos SPMB. Sialnya, meskipun sudah dengan persiapan yang matang dan optimisme yang tinggi, SPMB yang kedua gagal juga. Akhirnya, jaket tersebut mengendap di lemari selama bertahun-tahun.

Akhir 2007, personil kreatif di petakumpet tinggal sedikit sekali karena banyak yang resign secara berjamaah (kayak sholat aja). Otomatis karena kerjaannya juga banyak, maka mau tak mau harus ada yang bersedia merangkap tugas saat yang lainnya sedang fokus pada kerjaan tertentu. Siapa lagi kalau bukan copywriter yang kebanyakan nganggurnya? Alhasil waktu brainstorm NEUTRON diputuskan memakai ilustrasi superhero, sudah jelas tugas ini dilimpahkan pada orang yang memang sudah maniak dengan superhero, yang kebetulan juga adalah copywriternya.

Saat diberi mandatori untuk mengambil referensi dari karakter The Incredible, aku mulai berpikir bagaimana biar nggak terlalu Incredible banget. Ingatanku kembali pada masa SMA dengan serial kartun yang disutradai Stephen Spielberg yang ditayangkan di SCTV setiap hari Jumat jam 10 malam, yaitu: FREAKAZOID! Sebuah serial kartun konyol yang menggabungkan beberapa adegan film nyata dari film-filmnya Stephen Spielberg, yang kini juga sering digunakan dalam film SpongeBob. Aku nggak tahu mengapa ditayangkannya pada malam hari jam 10, hingga ibuku heran karena nggak biasanya aku nonton TV mulai dari jam 10. Ibuku sempat nggak percaya kalau ada film kartun malam-malam, hingga beliau nyeletuk “Heran, nggak pagi nggak siang nggak malam, tahu aja kalo ada film kartun. Suwe-suwe rupamu koyo kartun!” Hehe…

Topengnya sengaja tidak aku kasih bola mata seperti karakter Robin pada kartun The Teen Titans di Cartoon Network. Aku nggak ingat bagaimana awal kostum karakter itu, karena setelah selesai, dipoles lagi oleh CD-ku, bahkan model rambutnya juga. Karakter ini berpasangan dan terbagi sesuai dengan jenjang pendidikan. Tokoh utamanya yang mirip Freakazoid! menunjukkan aksen ceria, tangannya mengarah ke kepalanya yang berarti bahwa belajar itu menyenangkan (Learning is Fun!) dengan menggunakan Metode Penalaran.

Kini, karakter superhero itu berganti lagi menjadi lebih fresh dan sedikit realis dengan penambahan aksyen bola mata di topengnya. Slogannya pun berubah, dari Learning is Fun! menjadi Learning is More Fun! cuman ketambahan ‘More’ hehe…. Yang bikin pun bukan ogut lagi, tapi si Hasby illustrator baru petakumpet (dan juga baru resign, hehe…)

Yang membuatku bangga adalah, karakter NEUTRON aplikasinya nggak hanya di Jogja saja, tapi seluruh cabang NEUTRON juga. Waktu syuting Gudang Garam Merah dan bertemu dengan kawan petakumpet di Bandung, Mas Dicky, dia menunjukkan karya-karyanya di sekitar kota Bandung. Dan ketika melewati sebuah gedung bimbel NEUTRON cabang Bandung, aku berteriak “Wuih, ternyata karya petakumpet ada di sini juga?!!” Mas Dicky menyahut “Ohya? Karakter itu yang bikin petakumpet ya?” “Iya dong… Mas nggak tahu siapa yang bikin karakternya sih, hehe…”

Sampai di Jogja aku pun mulai mengambil keputusan “Aku rasa ini sudah saatnya aku memakai jaket NEUTRON” Aku bongkar lemari pakaianku, dan menemukan jaket NEUTRON di bagian paling pojok bawah masih terbungkus plastik. Kubuka plastiknya yang masih di-selotip, dan kucium jaket itu. Hmmfhh… ternyata apek juga, setelah didiamkan beberapa tahun. Kemudian langsung aku rendam dengan pewangi lalu kujemur. Pas bulan Ramadhan 2009 lalu, aku menyuruh temanku untuk memotret aku sedang memakai jaket NEUTRON di depan spanduk karakter di kantor NEUTRON cabang Godean. Sekedar untuk membuktikan bahwa aku pantas memakai jaket itu meski nggak lolos SPMB, karena pada akhirnya aku yang mendesain karakter NEUTRON.

Dan sekarang sudah mendekati bulan Ramadhan lagi. Ya, harusnya aku mem-posting tulisan ini di awal Januari, sebelum karakter baru NEUTRON ada. Tapi karena memang nggak sempat, akhirnya masuk di list not posting yet. Aw, ternyata banyak sekali yang sudah terlewatkan, termasuk tulisan yang harusnya ku-posting 16 Desember 2009 lalu. Basi nggak ya kalo aku munculin lagi?

About these ads

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: