BW, batgirl, dan kebetulan

BW dalam urusan mendesain, cetak-mencetak, ataupun dalam produksi, singkatannya adalah Black & White alias Hitam-Putih. Namun bagiku BW lebih tepatnya adalah berwarna (warna hitam dan putih, hehe…). Bagaimana tidak? Karena setiap aku suka dengan sesuatu yang Black & White ternyata ada yang warna. Dulu aku bikin BAT FAMILY-nya Alex Ross yang kukira memang aslinya BW, tapi kemudian aku dapatkan di internet yang full color (biasanya disingkat FC, tapi bukan Football Club). Kini aku dapat lagi di internet, komik batgirl debutan pertama yang ternyata FC. Padahal awalnya aku suka dengan versi BW yang ada di komik terbitan Maranatha Bandung sekitar akhir tahun 70-an. Sebuah kebanggaan besar bagiku memiliki komik awal mula batgirl (meskipun bukan yang paling pertama), karena jarang bagi kebanyakan penggemar komik yang memiliknya. Bayangkan saja, itu komik terdaftar dengan nomor polisi pada tahun 1979.

.

Namun tak lama kemudian aku dapatkan versi aslinya yang ternyata FC di internet. Ternyata komik tersebut terbit pada tahun 1966. Busyet, Indonesia sedang jaman apaan tuh?

.

.

Pada tahun 1999 aku dapatkan cerita awal mula batgirl di komik Petualangan BATMAN terbitan M&C yang diambil dari collection from animated series volume 2 (waktu itu harganya Cuma 6000).

.

.

Meski beda dengan versi komik terbitan Maranatha namun ada benang merahnya, yaitu awalnya kostum batgirl dibuat untuk pesta kostum (sebuah asal-usul yang sangat menarik)

.

Dan lagi-lagi, ternyata aku dapatkan versi FC-nya di internet, weleh-weleeh…

.

.

.

Sebuah kebetulan terjadi saat aku ke Gramedia dan melihat VCD The Adventures of BATMAN & ROBIN dengan cover dan judul TWO FACE sedang diobral. Maklum, dari dulu pengin sekali nonton BATMAN Animated series yang dulu sering ditayangkan di SCTV. Tapi ketika aku tonton judulnya ternyata “Shadow of The Bat” yang menceritakan tentang asal mula batgirl. Sedangkan Two Face yang tampil gede di bagian cover hanya berperan sebagai villain saja dengan porsi yang sangat sedikit sekali dibanding dengan batgirl. Meski ceritanya beda dengan yang di komik (pesta kostum) tapi aku menyukai ceritanya.

.

.

Mungkin juga cerita komik batgirl Shadow of The Bat beda dengan komik-komik sebelumnya.

.

.

Kembali ke BW, sebenarnya di akhir cerita batgirl terbitan komik Maranatha ada iklan komik BATMAN “Fright of the Scarecrow!” Aku suka sekali dengan covernya.

.

Tapi ternyata, lagi-lagi ada yang FC di internet.

.

.

Karena gregetan, akhirnya cover tersebut aku bikin artwork di sandal. Tunggu saja…

.

Tags: , , ,

Leave a Reply

