mendring

adalah tukang kredit keliling yang biasanya menjual barang-barang kelontong atau perabotan rumah tangga. Biasanya mereka berkeliling membawa buku catatan dengan bolpen menjadi satu, dan alat andalannya; kalkulator. Mungkin di tempat lain beda-beda istilahnya, namun pada intinya mendring adalah cara membeli dengan angsuran. Sebenarnya istilah ini sudah muncul pada masa kolonial, dimana sebagian orang Tionghoa yang tinggal di Jawa berprofesi sebagai tukang mendring. Tapi kok bisa dinamakan mendring ya?

Terminologi ini muncul dari bahasa Inggris berdasarkan karakter dan kebiasaan tukang kredit. Kebanyakan profesi mendring dilakoni oleh seorang pria (men) Dan karena mereka suka keliling-keliling menagih angsuran di kampung-kampung, otomatis mereka pasti kelelahan, sehingga sering sebelum dia menagih, dia istirahat sebentar sambil minum (drink) yang dibawanya sendiri. Dan saking seringnya minum dulu sebelum menagih, maka banyak orang yang memanggilnya men-drink, agar kedengaran gaul. Lalu jadilah mendring…

Nggak percaya? Namanya aja ngasal

Tags: ,

2 Responses to “mendring”

  1. Hanatha Says:

    mendring dari kata belanda Mindering Krediet

    • husnimuarif Says:

      Wa-haha terima kasih sekali atas infonya. mohon maaf klo saya ngelantur. maklum, asal-usul-ngasal, hehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: