P-N-Side

Sepertinya kalau aku menulis topik tentang PNS di blog, seolah-olah aku selalu memojokkan PNS. Ada benarnya memang. Misalnya seperti ini: aku jarang sekali melihat orang PNS yang berprestasi atau melakukan hal yang berguna bagi yang lain. Karena memang tak ada pencapaian yang sangat berarti dan selalu dikenang yang kemudian akan mereka ceritakan selama perjalanan hidupnya. Atau adakah orang-orang yang terkenal dari PNS? Berapa banyak sih orang PNS yang nge-blog? Kalau facebook-an sih jangan ditanya, dll. Hey, tapi cibiran tentang PNS tidak datang dari blog-ku saja. Dulu waktu Benny&Mice saat masih bersama, komik strip-nya sering banget menyindir PNS. Dan terakhir aku mendapatkan sindiran tentang PNS di komik “Humor Pegawai Negeri”

.

.

Tapi ternyata tidak semua PNS begitu loh! Ada beberapa orang di dalamnya yang memiliki sisi lain untuk menempatkan dirinya dan berpikir apa yang harus dilakukan bila dia bekerja di PNS. Aku menyadarinya setelah aku membaca komik “Humor Pegawai Negeri” ini.

 

PNS memang sebuah pekerjaan yang banyak diincar, tidak hanya di Indonesia, di negara lain juga. Menyingkirkan jutaan orang untuk bisa menduduki jabatan di departemen tertentu merupakan sebuah pekerjaan yang berat, baik bagi yang jujur maupun bagi yang tidak jujur. Karena setelah melalui perjuangan itu, maka selanjutnya hidup terasa mudah. Dan ketika menjadi PNS, maka kamu akan membuat iri banyak orang. Komik ini mencoba untuk menangkap keseharian PNS yang meski syarat dengan rutinitas yang membosankan tapi penuh dengan cerita yang menarik dan lucu. Meski ceritanya bersetting dari Perancis, namun ceritanya tak jauh beda dengan kehidupan para PNS di negeri ini. Banyak kejadian yang sama dengan apa yang pernah kualami ketika berhubungan dengan orang-orang PNS. Salah satunya adalah ketika aku berada di acara resepsi pernikahan PNS, maka aku akan menjadi orang yang paling kontras, baik pakaian maupun obrolan.

Komik ini adalah sebuah kritikan terhadap PNS, setidaknya bila dilihat dari halaman paling depan.

.

.

Berikut beberapa cerita dari komik yang bisa aku share.

.

.

Lalu topik sisi lain dari PNS itu ada di bagian mana?

Jawabannya ada di pengarang komik “Humor Pegawai Negeri” ini. Pengarangnya  ternyata seorang Pegawai Negeri. Kalau ditarik kesimpulan, pengarang komik ini tak lain hanyalah mengejek pekerjaannya sendiri yang diambil dari kesehariannya. Mirip seperti Benny & Mice, tapi ini seperti diary seorang pegawai negeri yang ditransformasikan ke dalam komik. Saya menangkapnya kritikan ini bertujuan untuk merubah mindset para karyawan PNS. Dan menurutku pekerjaan komik ini sangat cerdas. Maksudku, pegawai PNS ini memanfaatkan waktunya yang banyak terbuang sia-sia dengan membuat sebuah komik. Beda dengan kebiasaan pegawai PNS yang memanfaatkan waktunya untuk hal yang tak berguna seperti pergi ke mall, ping-pongan, atau tidur. Lumayan juga kan bikin komik, dapet tambahan pendapatan selain dari gaji PNS?

Nah, kalau yang bikin komik ini adalah orang Perancis, apakah di Indonesia ada? Kalau sepengetahuanku sih belum ada. Wong nemuin PNS menulis blog saja masih langka kok, ada sih tapi lama-kelamaan blog itu ditinggalkan terbengkelai begitu saja. Tapi aku punya teman yang bisa mengoptimalkan waktunya loh. Namanya Nur Cholis, teman dan partnerku waktu kuliah dulu. Sebelum menjadi PNS dia pernah bekerja sebagai web desainer di sebuah perusahaan swasta di Jogja. Namun saat dia sudah terperosok menjadi PNS akibat tekanan orang tua (dan dirinya juga mungkin) dan ketika telah sampai pada titik jenuh, dia merasa bahwa nganggur bukanlah hal yang nyaman baginya.

Dia selalu sms aku apakah ada informasi lomba poster atau logo dll yang berhubungan dengan desain grafis. Melihat semangatnya seperti itu, aku selalu mengakomodir segala keperluan masalah pengiriman karya, sebab dia PNS-nya bertempat di Sulawesi. Masalah ngeprint, mock up, sampai pada pengiriman, semua biaya aku yang tanggung tanpa meminta ganti. Pokoknya tinggal kirim email saja, seterusnya aku yang akan mengurusnya. Kalau menang, tahu sendiri lah hehe…

Diantara kompetisi yang dia ikuti ternyata ada hasilnya meskipun cuma masuk finalis. Lumayan lah PNS bisa menjadi finalis lomba desain poster “Senyum Untuk Indonesia”

.

.

Paling tidak dia sudah menyingkirkan beberapa desainer grafis. Termasuk aku dan beberapa desainer grafis petakumpet yang gagal masuk finalis. Dan kalau tidak ada lomba, dia menyibukkan dirinya mengikuti kompetisi logo online di 99 design dan logo competition. Weleh-weleeh…

Tags: , ,

5 Responses to “P-N-Side”

  1. Hikari Says:

    pns ngeblog? banyak lho mas

  2. bimalizer Says:

    hahaha..alhamdulillah aku bukan disainer yang dikalahkan PNS..hihihihiii..

  3. danar Says:

    mas,minta file gambar gatot kaca nya kah? buat pribadi saja dan tidak dikomersilkan hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: