same damn idea!

Kemarin Sabtu-siang aku mencoba kontak temanku yang selalu menjadi partnerku waktu kuliah dulu, Nur Cholis. Maksud dan tujuannya tak lain adalah untuk meminta bantuan. Yaitu mengeksekusi ide untuk diikutkan Black Innovation Awards 2011. Seharusnya aku sendiri yang menyelesaikannya, namun berhubung Sabtu-Minggu aku dihajar lembur, dan kemungkinan setelah itu juga tak ada waktu luang,  selain itu kepala ini rasanya sudah mau meledak, jadi terpaksa aku meminta bantuan beliau. Idenya tentang pengembangan sebuah packaging. Aku mempercayakan tugas packaging ini ke beliau, karena waktu kuliah aku pernah kerja sama dengannya, dan hasilnya sangat memuaskan sekaligus diluar dugaanku. Aku ingin tahu kira-kira apa terobosan darinya.

Adapun packaging yang akan di-develop adalah packaging kacang. Aku dapat ide ini langsung setelah mengirim karya Black Innovation Awards 2010 lalu. Aku yakin ini adalah ide yang brilian karena insight-nya sangat unik. Selain itu aku juga penggemar kacang. Dan masalah yang sering terjadi saat memakan kacang adalah kulitnya. Ketika makan kacang sambil nonton bola, atau saat di bioskop, atau di bus, biasanya aku menyiapkan tas kresek untuk tempat kulitnya. Maksudnya agar sekitarnya bersih, tidak berceceran, menjaga kebersihan, dan membantu meringankan petugas kebersihan🙂 Jadi idenya adalah bagaimana membuat packaging kacang bukan hanya untuk isinya, tapi juga sekaligus kulitnya. Hampir setahun aku menyimpan dan menjaga ide ini baik-baik. Aku yakin ide yang simpel ini bisa masuk finalis BIA 2011.

Selasa Nur Cholis sms aku mengenai packaging yang dia rancang. Namun aku masih belum paham maksudnya, jadi kusuruh beliau membuat sket kasarannya lalu kirim lewat email. Namun saat Nur Cholis sedang mengeksekusinya (sampai di tengah-tengah), Rabu siang beliau sms aku. Katanya ide yang seperti itu sudah ada. aku sempat tak percaya, namun kemudian Nur Cholis memberikan link-nya: http://www.core77.com/blog/object_culture/this_package_design_is_half_nuts_14765.asp Ah tidak! ternyata sama persis dengan apa yang kubayangkan! Bahkan sebelumnya aku ingin membuat mock-up-nya dengan kertas samson sama persis dengan inovasi di bawah.

.

.

Akhirnya aku bilang ke Nur Cholis untuk membatalkan saja rancangan desainnya, meskipun rancangannya berbeda dengan rancangan gambar di atas. Untung saja pendaftaran BIA 2011 diundur hingga 12 Juni. Huffh! Saatnya memaksimalkan otak dan berkelana (refreshing) untuk mencari inovasi baru. I am The Poweeeerr!!! Bismillah!

Tags: , ,

Leave a Reply

