First Black Innovation Awards

Sepertinya acara Black Innovation Awards (BIA) kini sudah menjadi agenda tahunan bagiku. Dari awal diselenggarakannya pada tahun 2007 hingga sekarang, aku tak pernah absen. Seolah sudah menjadi langganan tahunan bagiku. Tahun 2011 ini merupakan BIA yang kelima kalinya. Dan pencapaian terbaik adalah pada tahun 2008 (BIA kedua) saat karyaku Stantar-Standar Putar, masuk 20 besar finalis dan diundang di acara Kick Andy. Tercatat dari awal aku ikut BIA; tahun 2007 dan 2010 karyaku masuk 50 besar finalis. Sedangkan pada tahun 2009 tidak masuk finalis sama sekali meskipun mengirimkan 2 karya.

Kebetulan pagi tadi aku tak sengaja membuka-buka file lama, ternyata ada dokumentasi saat pertama kali aku mengirim karya BIA. Berbeda dengan sekarang yang pengirimannya lewat online, saat itu pengirimannya bisa melalui 2 jalan, yaitu secara online atau mengirimkan rancangan karya lewat pos. Saat itu karya pertamaku adalah TACK-LACK alias sandal teklek elastis (hak desain karya sekarang masih dalam proses) Dan karena aku ingin menunjukkan latar belakang hingga inspirasi terciptanya TACK-LACK, maka aku mengirimkannya melalui pos karena ada berlembar-lembar deskripsi dalam format presentasi.

Awal aku ikut BIA benar-benar sangat total. Bagaimana tidak? Lembar presentasinya aku print khusus di kertas transparan mika dengan tatakan kertas di tiap lembarnya untuk memperlihatkan kesan eksklusif. Dan harapannya dengan menggunakan cetakan transparan saat itu bisa untuk presentasi lewat proyektor OHP. Maklum jaman segitu Proyektor LCD harganya mahal (kalau tak salah sekitar 40 juta-an)

Tak hanya itu, amplopnya pun didesain secara inovatif dengan tingkat craftsmanship yang sangat-sangat serius. Aku harus mempelajari setiap packaging box makanan untuk bisa menciptakan amplop yang inovatif dan BIA banget! Kebetulan saat itu aku dapat yang sampel yang cocok dari pack Choki-choki. Aku contoh sistem folding-nya (yang very-very simple) lalu kemudian aku modifikasi lagi. Dan yang menjadi masalah adalah amplopnya yang kudu berwarna hitam agar feel and tone-nya Djarum Black banget. Kertas hitamnya ada, tapi tinta warna putih kan tidak ada, sedangkan kalau kertas putih di-blocking hitam semua bisa boros banget. Maka saat itu aku buat logo BlA dengan teknik cutting dengan menggunakan kertas karton putih dan asturo yang ditempel dengan double-tip. Kira-kira seperti inilah packaging amplop BIA…

.

.

Lalu saat pengirimannya, amplop tersebut dibungkus dengan plastik transparan bekas dari pack T-Shirt, agar artistik amplopnya bisa dilihat. Tak heran petugas di kantor pos pun memandangi amplop itu terus. Saat itu aku sangat optimis, karena sandal teklek-nya sangat inovatif dan benar-benar belum ada, ditambah dengan desain folding-packaging amplop yang luar biasa. Benar-benar sempurna! Namun sayang ternyata hanya masuk 50 besar. Tapi semua itu terbayar di tahun 2008 yang masuk 20 besar. Padahal saat itu desainnya benar-benar terburu-buru dan dikirim online pas injury time alias dealine.

Dan tahun 2011 ini aku mengirimkan karya hanya dengan sket pensil yang kuscan lalu kukirim secara online. Dan bendanya nggak jauh-jauh amat  dari yang aku kirimkan pada tahun 2010. Sebenarnya aku merindukan proses yang lama dan serius, namun seperti biasa, terbentur dengan banyak lemburan. Ya mau bagaimana lagi? BIA adalah acara tahunan yang aku tak bisa meninggalkannya. Pokoknya tiap tahun harus fokus dengan minimal satu penemuan untuk BIA. Pinginnya sih bisa kayak Thomas Alva Edison yang memiliki banyak royalti karena selalu menciptakan atau memodifikasi sesuatu menjadi penemuan baru yang lebih inovatif. Enaknya apa lagi yah untuk tahun 2012?

Tags: , ,

One Response to “First Black Innovation Awards”

  1. deetskoink Says:

    Sebenarnya aku merindukan proses yang lama dan serius, namun seperti biasa, terbentur dengan banyak lemburan.<<<<
    *sukka dech kk'….. :))

Leave a Reply

