long way round and long way down

Adalah film yang dibintangi oleh Ewan McGregor dan Charley Boorman. Aku nggak tahu film ini mengisahkan tentang apa, karena aku belum pernah menontonnya. Kalau dilihat dari poster film dan dokumentasinya yang terlihat melewati gurun dan disambut banyak orang di berbagai kota, sepertinya sih ini tentang sebuah perjalanan panjang 2 orang rider mengelilingi belahan dunia. Lalu nggak tahu filmnya, kenapa diulas di blog ini? Karena beberapa bulan yang lalu aku mendapat order bikin karikatur untuk hadiah perpisahan si bos yang suka sekali dengan film Long Way Round Long Way Down. Dan sepertinya pembuatan karikaturnya lebih lama daripada perjalanan Ewan McGregor di filmnya, hehe…

Nah, kebetulan si bos berkebangsaan Inggris ini hobinya Riding Motorbike dan akan pindah ke Perancis (yang ternyata akhirnya pindah ke Aberdeen) Namanya adalah Nick Fretwell, dan entah kenapa ketika aku menerima order ini, aku merasakan bahwa si bos ini adalah seorang yang baik dan bijaksana. Tak heran kalau si pemesan, Mbak Ririn rela untuk mengeluarkan koceknya sendiri. Sehingga hal itu mengharuskanku untuk bekerja dengan total, karena kebetulan perusahaannya adalah Total, hehe…

Dan seperti yang kubilang tadi, pengerjaannya memang sangat lama. Ordernya kuterima bulan Februari dan baru selesai bulan Juni. Hal ini dikarenakan aku ingin karikatur ini full vektor, agar bisa di-print maksimal. Selain itu aku banyak kerjaan kantor yang mengharuskan untuk lembur (yang seharusnya bisa selesai maksimal tanpa lembur hehe…) Alhamdulillah Mbak Ririn bisa memahami dan memakluminya. Dan sungguh aku benar-benar menikmati proses yang panjang untuk mengolah brief dan mencari bahan sebanyak-banyaknya agar hasil karikaturnya sempurna.

Saat tahu bahwa Nick suka Riding Motorbike dan film Long Way Round Long Way Down, aku sebenarnya ingin menonton filmnya agar bisa lebih mendalami. Tapi karena nggak sempat, karena harus nyari di rental dulu (nonton film di kantor atau kos aja nggak sempat, apalagi harus nyari di rental) maka aku nyari segala hal tentang film Long Way Round Long Way Down di Google. Setelah lengkap, barulah dicari ide yang simpel, baru mulai bekerja.

Seperti biasa, awalnya adalah mengamati foto-foto dan pose Nick yang akan dibuat karikatur. Setelah dapet, lalu mencari motor dari bermacam angle yang pas yang akan dikendarai Nick. Semua foto-foto Nick dan gambar motor diprint, lalu di-sket. Untuk mendapatkan motor yang pas sangat susah. Begitu sudah dapat angle yang pas, gambar aslinya blur, sehingga aku harus mengira-ngira untuk detilnya dengan mengamati image motor yang lain. Setelah sket selesai, di-scan, lalu saatnya mewarnai dan mengubahnya dalam bentuk vektor.

Untuk peta perjalanan perpindahan Nick dari Jakarta ke Aberdeen pun dibuat semirip mungkin dengan filmnya, dari font maupun bentuk petanya. Dan untuk lambang kota Aberdeen aku ambil langsung dari lambang yang ada pada sambutan Selamat Datang di Aberdeen yang aku cari di Google Image.

Untuk gaya tipografi Nick Fretwell aku mencontoh dari poster motocross yang nggak sengaja dapet pas searching di image Google. Di-sket dulu, lalu dibikin berkilauan seperti gaya era 80-an atau seperti pada film Captain EO-nya Michael Jackson. Dan bisa menjadi seperti itu karena mulanya adalah sebuah ketidaksengajaan bereksperimen dengan efek Contour di Corel Draw. Sebuah tindakan ngawur yang hasilnya diluar dugaan!🙂

Untuk kepulan debu pasirnya ngambil dari adegan mobil Rally Dakar, ditambah dengan kerikil-kerikil kecil yang melesat seperti pada adegan motorcross di bawah.

Sedangkan background dan garis bebatuan pada tanahnya, aku mencontoh goresan ala Peyo pada komik Smurf.

Hmmm… sepertinya semuanya sudah komplit dan selesai… tapi aku merasa ada yang kurang. Masak background-nya bersih gitu sih? Lalu aku coba bagian belakangnya dikasih background langit gradasi seperti yang ada pada cover soundtrack CD-nya.

Dan… perfecto! Sebuah karikatur dengan tingkat kedetilan yang lumayan, dan semuanya vektor! Kelebihannya adalah, file-nya lebih kecil dan mau diprint dalam ukuran apa saja, bebas!

Aku rasa ini adalah karikatur terbaik yang pernah aku bikin selama ini. Benar-benar puas! Dan saking puasnya aku sampai berencana untuk tidak mencantumkan identitas namaku secara terang-terangan di karikatur itu. Namun kemudian aku selubungkan tulisan “husni ’11” pada goresan tekstur tanah. Hehe.. tetep nggak mau rugi..

Terima kasih untuk Mbak Ririn yang telah memberiku order ini, aku sangat bersemangat sekali mengerjakannya🙂

Tags: , ,

2 Responses to “long way round and long way down”

  1. nicowijaya Says:

    kereeeen mas!

  2. namarov Says:

    weeedyaaaaaann!!!!….apiiik!!

Leave a Reply

