Christian Bale Haircut

Sungguh aku benar-benar rindu memiliki rambut gondrong. Tahun 2012 aku memutuskan untuk berambut panjang dan menumbuhkan janggut. Dan ketika aku sudah mendapatkannya, aku hanya bisa merasakannya sebentar. Ini rambut gondrong-ku yang keempat, tapi yang ini berbeda dengan gondrong-ku yang sebelumnya. Kali ini aku memakai bando kawat (So what?). Sebelum memulai gondrong, aku perlihatkan iklan Mi Sedaap di Youtube yang dibintangi Samuel Zylgwin kepada Mbak Rina (supporting marketing petakumpet) Aku bilang kalau aku akan gondrong, dan rambutku ingin kubuat seperti itu. Lalu sehari setelahnya Mbak Rina memberikanku bando kawat. Oh, ternyata memakai bando kawat tha? Pantesan dulu setiap memakai bando selalu patah karena dari plastik. Bando kawat ini pernah hilang sampai tiga kali dan ajaibnya bisa ketemu lagi (ceritanya panjang deh)

Aku berambut panjang pertama kali pada tahun 2002 selepas kelulusan SMA. Kemudian ketika akan mengikuti SPMB untuk yang kedua kalinya, aku memotongnya di Kompak, tempat cukur cowok cerdas. Begitulah slogannya. Kompak sampai sekarang  masih menjadi tempat cukur andalan mahasiswa. Tapi ketika potong pendek di Kompak, aku tak pernah merasa puas dengan hasilnya. Potongannya terlihat seperti potong Mandarin ala Andy Lau. Tapi era itu hanya berlangsung sebentar dan aku memutuskan untuk gondrong untuk yang kedua kalinya ketika aku memulai kuliah di D3 Advertising. Mungkin itu gondrong terlama yang pernah kualami, dari 2003 hingga 2005. Dan memotongnya pun tanpa alasan, pingin aja. Dan lagi-lagi aku mendapatkan potongan Andy Lau lagi. Tapi semuanya berubah ketika ada film Batman Begins.

Batman mau dibuat film-nya lagi dengan sutradara Christoper Nolan yang aku nggak kenal, begitu juga aktornya, Christian Bale. Film ini start from the beginning, jadi nggak ada hubungannya dengan film-film Batman sebelumnya. Sepertinya terlihat aneh dengan banyak perubahan dari logo, tokoh-tokoh baru, dan batmobile-nya. Bahkan Christoper Nolan menceritakannya begitu detail. Awalnya aku nggak suka, tapi begitu tahu kalau ceritanya diambil dari komik aslinya, aku jadi suka. Aku melihat beberapa adegan yang sama dengan adegan di komik Batman Year One karya Frank Miller, yang pernah aku baca. Judulnya pun keren, Batman Begins. Tapi aku tidak hanya mendapatkan sesuatu yang baru dari film-nya, tapi juga dari majalah yang mengulasnya, yaitu Cinemags.

 

Cinemags_Batman_Begins

 

 

Majalah ini mengulas sangat komplit tentang Batman Begins, termasuk aktornya Christian Bale. Saat itu aku membelinya sehabis dari potong rambut untuk mengakhiri kegondronganku. Saat aku membuka halaman interview with, aku melihat ada sosok kesederhanaan pada Bale. Termasuk rambutnya. Dan sejak saat itu aku berkata “Untuk seterusnya aku akan potong rambut dengan model seperti ini”

 

bale_00

 

Kemudian, ketika rambut ala Andy Lau-ku mulai memanjang, aku mulai datang ke Kompak lagi sambil membawa majalah Cinemags itu. Memalukan memang, makanya aku nggak sendirian. Aku selalu mengajak teman untuk melakoni sebuah skenario seperti ini;  setelah tukang cukur mengatakan “Mau potong model apa Mas?”, lalu temanku datang membawa majalah Cinemags dan menunjukkan majalah itu ke tukang cukurnya. Hahaha… terima kasih buat Nur Cholis dan Hendi yang mau menemaniku dan melakukan skenario itu.

Lama-lama membawa majalah sebagai referensi potong rambut terlihat kurang praktis. Aku lalu men-scan majalah itu, aku print, lalu aku lipat seukuran saku. Praktis, tak usah bawa tas seolah-olah baru pulang dari kuliah🙂

 

bale_scan

 

Dari beberapa tukang cukur di Kompak ada yang bisa mencukur seperti model potongan Christian Bale, tapi ada juga yang nggak bisa persis-persis amat. Dan aku bisa niteni (mengingat) mana orang yang bisa mencukur persis seperti Bale. Jadi rasanya nggak sreg kalau yang motong bukan orang itu. Satu lagi yang menjadi ciri khas orang yang bisa memotong ala Christian Bale itu adalah dia selalu berkata “Wah ini Tom Kres ya Mas?” ketika aku menunjukkan gambar Christian Bale itu. Orang itu selalu menyebut Tom Cruise dengan Tom Kres. Sudah tiga kali aku dipotong orang itu, dan dengan pertanyaan yang sama pula🙂

Ketika aku pindah ke Godean, aku masih setia potong rambut ke Kompak meskipun jaraknya jauh di Jl. Kaliurang. Aku juga masih ngajak temenku kalau mau potong. Namun lama-lama temenku itu mulai berpencar ke luar kota. Hingga akhirnya aku tidak melakukan lagi skenario wagu itu. Aku melakukan sendiri, mengeluarkan print gambar Christian Bale dari saku jaketku sebelum aku melepasnya dan menuju kursi panas. Aku letakkan di depan cermin dan berkata “Mas seperti ini ya” sambil menahan perasaan malu. Kebetulan ada tempat cukur baru di dekat kantor Petakumpet. Namanya Azzam, tempat cukur bergaransi🙂 Aku selalu datang ke sana pagi-pagi sekali kalau mau potong, biar nggak dilihat banyak orang. Aku selalu datang jam 7 pagi lebih dikit saat aku menunggu tukang cukurnya yang baru saja mandi mengganti sign TUTUP menjadi BUKA.

Tak ada yang tahu persis potongan rambut itu namanya apa. Di Azzam dulu ada tukang cukur yang bisa memotong sangat presisi dan dia tahu model potongan rambut itu namanya apa. Sayang aku lupa istilahnya, dan orang tersebut sudah pindah ke tempat cukur yang lain. Katanya dia dulunya juga pernah di Kompak. Sampai saat ini aku hanya menunggu keberuntungan saja. Bisa kayak gitu ya syukur, enggak ya gak papa.

Dan bulan Desember tahun kemarin aku melakukan polling apakah aku perlu potong rambut atau tidak (kurang kerjaan yah?) Aku polling ke orang-orang tertentu, dari penjual nasi rames, kasir, jamaah masjid, dan teman-teman di petakumpet. Beberapa ada yang lewat sms. Ada yang dibalas, ada yang enggak. Tapi dari polling itu semuanya menjawab potong rambut saja, termasuk orang yang dulu menginginkan aku untuk gondrong lagi (orang yang aneh) Kalau bukan karena polling, mungkin aku masih ragu dan akan bertambah gondrongnya sekarang. Sebenarnya aku sangat sayang untuk memotong rambutku, karena aku merawatnya dengan sangat baik dibanding gondrong-gondrong-ku sebelumnya. Itung-itung pengiritan perawatan rambut, sekalian gaya baru di tahun baru hehe…

Dan tepatnya setelah tahun baru, tanggal 2 Januari 2013, aku memotong pendek rambutku di Azzam. Aku ajak anak Pak Kos-ku untuk mengambil dokumentasi🙂 Bismillah..  Aku tunjukkan gambar Christian Bale seperti biasanya, lalu kres-kres-kres… tukang cukur tersebut sepertinya sangat bersemangat sekali🙂

 

bale_07

Bale_01

bale_04

 

Dan hasilnya, tada-daa…!!! Nggak persis🙂

 

bale_06

 

Kalau kulihat potongannya malah seperti potongan model bros-nya Jack Reacher (entah filmnya bagus apa enggak).  Aku nggak jadi bilang “Wah ini tinggal brewok-nya aja Mas yang kurang” kalau tukang cukurnya bisa mengeksekusi dengan baik. Tapi tak apalah, biasanya nantinya kalau sudah panjang sedikit bisa dibikin kayak Christian Bale. Begitu potong rambut, orang-orang yang dulunya (nggak sadar) bilang “Pak” kini kompak memanggilku “Mas” Apalagi tanggal 12 Januari kemarin bertepatan dengan acaranya nikahan anaknya Pak Dhe-ku. Jadi aku nggak dapat banyak komentar dari saudara-saudara keluarga besar di Jepara. Karena dulu pas gondrong semua pada komentar🙂 Dengan potong rambutku ini aku jadi tampak agak kurus dan tampak lebih muda. Yes-yes!  :). Tapi yang jelas, yang kuharapkan adalah tampak “lebih seger” hehe… Semoga.

 

bale_05

 

 

Tags: , , , ,

2 Responses to “Christian Bale Haircut”

  1. arifyanti Says:

    nunut ngguyu🙂 menanti cerita lain yang bergenre sama hus. Lucu tenan koe ki

  2. namarov Says:

    aku entuk ngguyu ra mas…?kekekekee….aku kok ora entuk sms polling?ngarepdotkom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: