Year One

Tahukah darimana Jepang bisa memiliki sebuah gagasan untuk membangun pangkalan dan landasan pesawat di tengah laut? Inspirasinya berasal dari lukisan seorang anak kecil yang mengikuti kompetisi melukis tingkat Asia. Impian dari seorang anak didik Kartika Affandi (anaknya sang maestro Affandi) dengan lukisannya yang berjudul “Rumahku Terapung di Laut”. Ingatkah Thomas Alva Eddison pada waktu kecil  yang sangat penasaran pada terangnya api hingga akhirnya membuat kebakaran gudang? Kini penemuannya dinikmati oleh orang di seluruh dunia. Atau bagaimana impian Walt Disney pada waktu kecil sehingga sekarang keajaiban itu bisa banyak dinikmati banyak orang lewat animasi Walt disney dan Disneyland?

Gagasan yang brilian biasanya adalah gagasan yang muncul saat kita masih kecil. Bagaimana tidak? Karena saat kecil pikiran kita masih murni tak terjamah oleh berbagai macam kepentingan dan kebutuhan. Pikiran kita masih bebas dan penasaran dalam menyikapi apa yang ada di sekitar kita waktu itu. Menginjak dewasa kebutuhan kita semakin kompleks hingga akhirnya pikiran-pikiran kita kemasukan berbagai macam pengaruh dan kepentingan. Gagasan itu menjadi tidak cemerlang dan orisinil lagi.

Sejak aku mendirikan warung Mie persis TELAP12, aku menyadari, kenapa impianku waktu kecil itu baru muncul kemudian di akhir tahun 2011? Kenapa nggak dari dulu-dulu? Tapi aku memahami bahwa ketertundaan itu adalah proses yang membangun dan mengantarkanku untuk mewujudkan impianku waktu kecil itu. Dan disinilah aku berusaha untuk mengumpulkan kembali gagasan-gagasan masa laluku yang mungkin sudah terkikis oleh bermacam-macam kepentingan.

TELAP12 hampir memasuki tahun yang pertama di awal Maret nanti. Proses renovasi dan dekorasi mulai dikerjakan sedikit demi sedikit. Aku jadi teringat dengan gambar tempel BATMAN waktu SD dan masih kusimpan saat ini. Sungguh aku punya gagasan saat melihat stiker itu, dan ini yang ingin kueksekusi dari dulu. BATMAN YEAR ONE-nya Frank Miller, penulis, artist, dan juga sutradara yang sukses dengan film 300 dan SIN CITY.

 

stiker_BATMAN_vintage

 

Sekitar tahun 70-80an komik BATMAN mengalami masa kejayaan atau boleh dikatakan sebagai “Silver Age” dengan cerita yang lebih serius dari Denny O’Neil. Goresan Neal Adams atau Dick Giordano begitu mendominasi pada tahun itu. Hingga muncullah BATMAN versi Frank Miller dengan artist David Mazzucchelli lewat BATMAN YEAR ONE. Sebuah karya yang berani mendobrak pakem saat itu, baik ceritanya maupun artistiknya. Mazzucchelli memberikan sentuhan karakter yang kuat danlebih humanis. Di Indonesia komik BATMAN Year 1, 2, 3 pernah diterbitkan oleh Midas Surya Grafindo (MISURIND) pada  tahun 90-an. Sungguh aku sangat menyesal karena tidak membelinya saat menemukan salah satu komik tersebut di shoping (sebelum pindah di samping Taman Pintar)

 

deluxe_batman_year_one_2012

 

Entah ini kebetulan atau apa, pada tahun 2011 BATMAN Year One dibikin animasinya. Aku membelinya dan menontonnya  sampai berulang kali. Ini adalah perjalanan Batman sejak awal pada tahun pertama dimana cerita dari film Batman Begins banyak diambil dari komik karya Frank Miller ini.

 

batman_year_one_animated

 

Aku pun menghubungkannya dengan perjalanan tahun pertama aku merintis TELAP12. Dan ketika aku search gambar BATMAN YEAR ONE di Google, muncullah ikon dari goresan Mazzucchelli yang sama dengan stiker yang aku punya waktu SD. Aku langsung berkata; aku akan mengeksekusinya di TELAP12! Aku tunjukkan gambar ini kepada para awak TELAP12, mereka langsung setuju. Aku jadi bersemangat.

 

BatmanYearOne

 

Jadilah BATMAN Year One yang menandai perjalanan tahun pertama TELAP12. Ikon the BATMAN Mazzucchelli tersebut menjadi kelambu untuk menutupi ruangan dapur yang nggak sedap dipandang jika dilihat dari luar. Ini memang jauh dari tema konsep TELAP12, tapi semua setuju dengan eksekusi itu. Satu lagi gagasan waktu kecil yang akhirnya terealisasi pada tahun ini.

 

the-BATMAN

 

Beberapa pelanggan banyak yang memotret sesososk the BATMAN itu. Jika kalian mampir ke TELAP12 dan mau ke toilet kalian akan melewati jubah the BATMAN seolah masuk ke dalam jubahnya the Phantom Stranger. Insya’Allah kedepannya itu akan menjadi jalan utama menuju lantai atas yang sekarang baru direnovasi.

 

nuwunsewu_betmen

 

Masih berantakan memang. Anggap saja memasuki Bat-Cave alias sarang guanya the BATMAN🙂 Tapi setidaknya kalau malam, suasana di TELAP12 akan aman terkendali. Ya, karena ada the BATMAN yang mengawasi, hehe…

 

the_batman_watching_on

 

Tags: , , ,

2 Responses to “Year One”

  1. Agung Cahyadi Says:

    luar biasa mas, sungguh🙂

  2. Andy Santoso Says:

    salam kenal mas husny…ide bagus disertai aplikasi yang cerdas tapi tetap sederhana…salut!

Leave a Reply

